UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE BRAINSTORMING SISWA KELAS V SD ISLAM NURUL QUR’AN

Wibowo, Fajar Arif (2016) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE BRAINSTORMING SISWA KELAS V SD ISLAM NURUL QUR’AN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar mata pelajaran IPA melalui metode Brainstorming di kelas V SD Islam Nurul Qur’an, kecamatan genuk, kota semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Islam Nurul Qur’an yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes. Adanya peningkatan tanggung jawab belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek minat belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 59,19 dengan kriteria cukup baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata 78,39 dengan kriteria baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase ketuntasan kelas 58,8%. Pada siklus II dengan presentase ketuntasan kelas 91,2%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa metode Brainstorming dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar di kelas V SD Islam Nurul Qur’an. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, Brainstorming.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 07:05
Last Modified: 30 Dec 2016 07:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6454

Actions (login required)

View Item View Item