Auva, Elvia Jaza’al (2016) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS V SD NEGERI BANJARSARI 1. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2. Abstrack.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
||
|
Text
1. Cover.pdf Download (964kB) | Preview |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
||
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (103kB) | Preview |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
Abstract
Kreativitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Banjarsari 1 masih tergolong rendah. Diperlukan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPA materi hubungan makanan dengan kesehatan kelas V SD Negeri Banjarsari 1. Model yang digunakan adalah model pembelajaran inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah peningkatan kreativitas dan prestasi belajar IPA di kelas V SD Negeri Banjarsari 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus dan setiap siklusnya 2 pertemuan. Terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Banjarsari 1 yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Adanya peningkatan kreativitas siswa ditunjukan dengan peningkatan kreativitas siswa dalam setiap siklusnya. Hasil observasi kreativitas belajar siswa pada siklus I dengan persentase 38,09% termasuk kriteria kreativitas siswa baik. Pada siklus II dengan persentase 43,80% termasuk kriteria kreativitas baik.Prestasi belajar siswa dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan prestasi rata-rata 73,35 dan ketuntasan belajar 66,67%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 90,25 dengan ketuntasan belajar 85,71%. Kata Kunci : Kreativitas, Prestasi belajar, Model PembelajaranInkuiri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 07:04 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 07:04 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6440 |
Actions (login required)
View Item |