Mukharromah, Lina Tri (2016) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI GENUKSARI 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah siswa secara umum masih rendah, diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Model Discovery Learning digunakan sebagai model pembelajaran berbasis penemuan sehingga siswa memiliki pengalaman menambah pengetahuannya untuk dapat menemukan solusi permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi bangun datar pada siswa kelas V di SD Negeri Genuksari 02. Kelas sampel diberi tes dengan instrumen yang sama. Data yang diperoleh dianalisis untuk uji hipotesis yaitu uji rata-rata (uji t), uji proporsi, uji beda rata-rata kemampuan pemecahan masalah. Hasil analisis data akhir diperoleh kesimpulan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen memenuhi ketuntasan belajar individual ≥65 dengan perolehan nilai t_hitung ≥ t_tabel yaitu 6,6023 ≥ 1,6909 dengan dk= n-1 dan taraf signifikan 5%; serta memenuhi ketuntasan belajar klasikal ≥75 % dengan perolehan nilai Z_hitung>-Z_tabel yaitu 2,692> -1,64 dengan Z_tabel (1/2-α); (2) kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model Discovery Learning lebih efektif dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model ekspositori dibuktikan dengan uji t dua pihak dengan kriteria uji: terima Ho jika 〖-t〗_(tabel )≤t_hitung≤t_(tabel ) perolehan nilai t_hitung=2,931 berada di area penolakan Ho yaitu -1,9969≤t_hitung≤ 1,9969 maka Ho ditolak, dengan taraf signifikan 5% dan dk = n_1+n_2-2. Berdasarkan hasil analisis data akhir penelitian dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi bangun datar pada siswa kelas V di SD Negeri Genuksari 02. Peneliti menyarankan, dalam pelaksanaan model Discovery Learning guru harus melakukan kontrol dan dorongan lebih agar siswa tidak gaduh dan lebih aktif saat dalam pembelajaran. Kata Kunci : Keefektifan, Model Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 07:04 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 07:04 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6438 |
Actions (login required)
View Item |