PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN NILAI BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SD NEGERI PRAMPELAN

Rofiq, Rofiq (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN NILAI BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SD NEGERI PRAMPELAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Intisari.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Publikasi.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untukmeningkatkan tanggung jawab dan nilai belajar IPA materi pesawat sederhana melalui model kooperatif tipe make a match berbantuan media gambar di kelas V SD Negeri Prampelan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD NegeriPrampelan kecamatan Sayung, kabupaten Demak yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan tanggung jawab siswa dibuktikan dengan peningkatan tanggung jawab siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh rata-rata 13,00 dengan kriteria tanggung jawab baik. Pada siklus II diperolehrata-rata 16,55 dengan kriteria tanggung jawab sangat baik. Sementara peningkatan nilai belajar siswa dibuktikan dengan peningkatan nilai belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I persentase ketuntasan kelas 63,33% dengan rata-rata 67,11 dan tergolong dalam kriteria nilai belajar cukup. Pada siklus II persentase ketuntasan kelas 93,33% dengan rata-rata 80,00 dan tergolong dalam kriteria sangat baik. Model kooperatif tipemake a match dapat meningkatkan tanggung jawab dan nilai belajar di kelas V SD Negeri Prampelan. Kata Kunci : Tanggung jawab, Nilai Belajar, Model Kooperatif tipe Make a match.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 06:21
Last Modified: 30 Dec 2016 06:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6425

Actions (login required)

View Item View Item