Darmayanti, Eka (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERKARAKTER ISLAMI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
COVER_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (334kB) | Preview |
|
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (164kB) | Preview |
|
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
||
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (459kB) | Preview |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
||
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (952kB) |
Abstract
Kata Kunci : Group Investigation, Karakter Islami, Kemampuan Berpikir Kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap percaya diri dan minat belajar siswa pada pembelajaran Group Investigation berkarakter Islami terhadap kemampuan berpikir kritis, mengetahui rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Group Investigation berkarakter Islami mencapai standar KKM (sebesar 75), serta mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan pembelajaran Group Investigation berkarakter Islami lebih baik daripada rata-rata skor kemampuan berpikir kritis pembelajaran Student Teams Achievement Division(STAD). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang, yang terdiri dari 3 kelas dengan keseluruhan berjumlah 107 siswa. Sampel penelitian ini adalah diambil dua kelas secara acak dari ketiga kelas yaitu Kelas VII-A2 dengan jumlah 35 siswa dan VII-A3 dengan jumlah 36 siswa. Kelas VII-A2 sebagai kelas kontrol (menggunakan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan kelas VII-A3 sebagai kelas eksperimen (menggunakan pembelajaran Group Investigation berkarakter Islami).Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, meode angket, metode tes, dan metode observasi. Selanjutnya terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari varian yang sama atau homogen. Hasil penelitian menunjukkan, sikap percaya diri siswa diperoleh persentase sebesar 87%minat siswa diperoleh persentase sebesar 72,639%. Pada distribusi t diperoleh nilai sig. Sikap percaya diri t_hitung=6,024>t_tabel=1,678 dengan probabilitas (Sig) sebesar 0,000<0,05. Pada distribusi t minat t_hitung=4,492>t_tabel=1,688 dengan probabilitas (Sig) sebesar 0,000<0,005. Ini berarti variabel sikap percaya diri dan minat mempunyai hubungan linear terhadap kemampuan berpikir kritis. Pengaruh sikap percaya diri dan minat terhadap kemampuan berpikir kritis diperoleh persamaan . NilaiF_hitung=100,666>F_tabel=3,28 dengan probabilitas atau Sig = 0,000<0,05 dan nilai R Square 0,859 = 85,9%, ini berarti 85,9% variasi yang terjadi di dalam Y dapat dijelaskan oleh X_1 dan X_2 melalui model , sedangkan 14,1%nya di pengaruhi oleh variabel lain. Rata- rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 80,89 dan pada kelas kontrol diperoleh hasil sebesar 75,54. Pada kelas eksperimen 81% siswa telah tuntas belajar yang sesuai dengan batas minimal yang telah ditentukan yaitu 75. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75% tercapai dan rata-rata hasil belajar siswa mencapai kategori baik.Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Group Invstigationberkarakter Islami pada pembelajaran dapat dikatakan lebih baik daripada pembelajaran Student Teams Achieveent Division (STAD).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 06:21 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 06:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6421 |
Actions (login required)
View Item |