KEEFEKTIFAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP POKOK BAHASAN SUDUT

Musdalifah. K, Musdalifah. K (2016) KEEFEKTIFAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP POKOK BAHASAN SUDUT. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Reciprocal Teaching, kemampuan berpikir kritis siswa. Skripsi ini mengkaji tentang Keefektifan Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Sudut. Dengan tujuan a) untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa terhadap kemampuan berpikir kritis pada model Reciprocal Teachingpokok bahasan sudut. b) Untuk mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model reciprocal teaching mencapai KKM yaitu 75. c) Untuk mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model ReciprocalTeaching lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis siswa yang hanya menggunakan model pembelajaran STAD pada materi sudut. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII semester genap SMPN 27 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Penarikan sampel ditentukan dengan teknik cluster randomsampling, dan diperoleh siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen (menggunakan pembelajaran Reciprocal Teaching) yang berjumlah 32 siswa dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol (menggunakan pembelajaran STAD) yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilakukan dalam 4 kali pertemuan kelas eksperimen dan 4 kali pertemuan kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, uji regresi linier sederhana, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap kemampuan berpikir kritis pada model Reciprocal Teaching materi sudut sebesar 18,4% dengan model regresi sederhana Y ̂= -5,883 +1,082x yang bersifat linier. Kedua rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol benar-benar berbeda, artinya siswa pada kelas eksperimen mempunyai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang lebih baik dari siswa pada kelas kontrol. Hasil analisis dengan Uji Independent Sample Test menunjukkan ¬t_hitung= 2,012 dan t_tabel= 1,697 untuk dk=n-1=32-1=31 dengan taraf signifikansi α=5%. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen adalah 79,53 dan kelas kontrol adalah 74,81 dengan perbedaan rata-rata sebesar 4,72. Dengan melihat nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang mencapai kriteria ketuntasan minimal 75, maka pembelajaran matematika dengan menggunakan Reciprocal Teaching berpengaruh dalam kemampuan berpikir kritis siswa pokok bahasan sudut siswa kelas VII SMP Negeri 27 Semarang tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 04:30
Last Modified: 30 Dec 2016 04:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6408

Actions (login required)

View Item View Item