ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MAPLE DILIHAT DARI KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Risno, Risno (2016) ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MAPLE DILIHAT DARI KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Analisis penerapan pembelajaran problem solving berbantuan maple, kemampuan kreativitas, kemampuan pemahaman konsep, soal materi turunan fungsi. Problem solving merupakan metode pembelajaran berbasis masalah yang menekankan kepada peserta didik untuk aktif mengikuti pembelajaran, karena inti dari metode ini adalah permasalahan yang harus dipecahkan oleh peserta didik. Namun yang menjadi kendala, kadang peserta didik tidak mampu menyelesaikan masalah dan merasa kesulitan mencari sumber belajar sehingga akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memecahkan masalah tersebut. Olehnya itu, dengan adanya bantuan maple kelemahan peserta didik tersebut dapat teratasi. Dengan demikian, penerapan pembelajaran problem solving berbantuan maple dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran problem solving berbantuan maple di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, untuk mendeskripsikan kreativitas peserta didik melalui penerapan pembelajaran problem solving berbantuan maple dalam menyelesaikan soal-soal materi turunan fungsi, dan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep peserta didik melalui penerapan pembelajaran problem solving berbantuan maple dalam menyelesaikan soal-soal materi turunan fungsi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan tiga metode yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode tes tertulis terhadap subjek penelitian.Sampel penelitian ini adalah 31 peserta didik kelas XI IPS-4 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis pada lembar observasi aktivitas pendidik dan peserta didik menunjukan bahwa kriteria presentase aktivitas pada pertemuan pertama, pendidik 50% memenuhi kriteria cukup, peserta didik 39% memenuhi kriteria cukup. Pertemuan kedua pendidik 80% memenuhi kriteria baik, peserta didik 68% memenuhi kriteria baik.Pertemuan ketiga pendidik 85% memenuhi kriteria sangat baik, peserta didik 72% memenuhi kriteria baik.Pertemuan keempat pendidik 95% sangat baik, peserta didik 86% sangat baik.Pertemuan kelima pendidik 98% memenuhi kriteria sangat baik, peserta didik 88% memenuhi kriteria sangat baik.Adapun kelemahan peserta didik pada kemampuan kreativitas terdapat pada indikator kedua, sedangkan pada kemampuan pemahaman konsep terdapat pada indikator pertama, keempat, dan keenam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 04:19
Last Modified: 30 Dec 2016 04:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6383

Actions (login required)

View Item View Item