PENGARUH MODEL ELICITING ACTIVITIES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SEGITIGA

Purwanto, Diana Intan Permata Sari (2016) PENGARUH MODEL ELICITING ACTIVITIES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SEGITIGA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (917kB) | Preview
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)

Abstract

Kata Kunci : MEAs, LKS, Kemampuan Pemecahan Masalah. Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan dalam proses pembelajaran maupun dalam penyelesaian, siswa diharap memperoleh pengalaman melalui pengetahuan serta kemampuan yang dimiliki untuk diterapkan pada pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMPN 32 Semarang yang dikenai MEAs dapat mencapai ketuntasan 78; (2) Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan MEAs lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada materi segitiga; (3) Adanya pengaruh aktivitas siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam MEAs pada materi segitiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 32 Semarang tahun ajaran 2015/2016 semester genap. Penilitian ini dipilih dua kelas dengan cluster random sampling dan terpilih kelas VII I sebagai kelas eksperimenyang diberimodel eliciting activities dankelas VII H sebagai kelas kontrol diberi model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode dokumentasi, observasi dan metode tes. Data dikumpulkan kemudian dilakukan pengujian. Pengujian data meliputi uji sampel, uji instrumen tes dan uji hipotesis penelitian. Uji hipotesis penelitian dalam penelitian ini meliputi uji t satu pihak, uji t dua pihak dan uji regresi sederhana. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) hasil One sample T Test diperoleh nilai mean sebesar 80,31 dan nilai Sig. (2-Tailed) = 0,001 < 0,05 yang berarti kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai 78; (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (3) terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah yaitu sebesar 94,1% dan dapat disajikan dalam model persamaan regresi Y ̂=15,666+0,857 x.Penggunaan model eliciting activities terhadap kemampuan pemecahan masalah dapat digunakan guru sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan mempengaruhi keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 04:07
Last Modified: 30 Dec 2016 04:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6369

Actions (login required)

View Item View Item