PENGARUH PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Rifmawati, Handini (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover_1.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi_1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Course Review Horay, Kartu Soal, Kemampuan Berpikir Kreatif Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan motivasi dengan menggunakan pembelajaranCourse Review Horay berbantuan kartu soal terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, mengetahui perbedaan hasil belajar kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pembelajaran Course Review Horay berbantuan kartu soal dan pembelajaran Think Talk Write siswa kelas VIII pada pokok bahasan kubus dan balok, serta mengetahui rata-rata hasil belajar kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Course Review Horay berbantuan kartu soal dapat mencapai KKM = 78. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi semua siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Semarang yang diambil 3 kelas yaitu kelas eksperimen, kelas kontrol, dan kelas uji coba. Berdasarkan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas yakni VIII E sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Course Review Horay berbantuan kartu soal dan VIII D sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran Think Talk Write. Metode pengumpulan data diperoleh melalui metode pengamatan, metode dokumentasi, metode tes, dan metode angket. Selanjutnya terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari varian yang sama atau homogen. Data diambil dari nilai sebelum penelitian pada pokok bahasan kubus dan balok. Hasil analisis data yang telah dilakukan dapat diperoleh persamaan regresi yaituŶ=91,681+0,402X_1+0,584X_2dengan nilai R square (indeks determinasi) sebesar 34,1 %. Rata-rata kelas eksperimen yaitu 78,03 dan rata-rata kelas kontrol yaitu 74,73. Uji hipotesis yang digunakan adalah nilai p value melalui perhitungan statistik sebesar 0,004 dimana < 5%. Karena < 5% maka perbedaan bermakna secara statistik atau signifikan pada probabilitas 5%. Karena thitung> ttabel, maka tolak Ho dan terima Ha. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar dengan kemampuan berpikir kreatif yang menggunakan pembelajaran Course Review Horay berbantuan kartu soal dengan yang hanya menggunakan pembelajaran Think Talk Writesaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:43
Last Modified: 30 Dec 2016 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6364

Actions (login required)

View Item View Item