Hikmah, Nurul (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN INDEX CARD MATH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VIII PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
COVER_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata kunci :Index Card Math, motivasi, kemampuan penalaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran kubus dan balok.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Index Card Math terhadap kemampuan penalaran dan motivasi belajar siswa pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dimana subjek penelitiannya adalah siswa SMP Alhuda Semarang kelas VIII Tahun Pelajaran 2015/2016.Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes dan lembar angket. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kemampuan penalaran dan lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji regresi dan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji regresi menunjukkan nilai sig 0,000 yang berarti lebih kecil dari nilai taraf signifikan 0,05, Ha diterima menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif motivasi belajar siswa terhadap kemampuan penalaran pada kelas yang menggunakan pembelajaran Index Card Math. Uji One Sample T-Test aspek kemampuan penalaran siswa 0,000 yang berarti lebih kecil dari nilai taraf signifikan 0,05, berarti Ho ditolak yang menunjukkan bahwa kemampuan penalaran lebih dari nilai KKM secara individual yaitu 75. Uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak atau Ha diterima. Hal itu berarti bahwa kedua kelas memiliki rata-rata kemampuan penalaran yang tidak sama. Karena rata-rata kemampuan penalaran kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata kemampuan penalaran kelas kontrol, maka penggunaan pembelajaran Index Card Math lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori. Hasil pembelajaran Index Card Math pada kubus dan balok memberikan pengaruh positif bagi motivasi belajar dan kemampuan penalaran siswa.Penelitian ini diharapkan pendidik dapat menerapkan pembelajaran Index Card Math sebagai pilihan alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan kemampuan penalaran siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 03:42 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 03:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6363 |
Actions (login required)
View Item |