PENGARUH KECEMASAN TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN PMRI BERKARAKTER ISLAMI

Yatin, Ati (2016) PENGARUH KECEMASAN TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN PMRI BERKARAKTER ISLAMI. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Kecemasan, Kemampuan Metakognisi, PMRI, berkarakter islami Anggapan pelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit bahkan cenderung menjadi pelajaran yang menakutkan dapat menimbulkan sikap yang berbeda-beda untuk masing-masing siswa. Anggapan seperti itu menimbulkan sikap yang bisa positif namun juga bisa timbul sikap yang negatif sehingga siswa akan mengalami gejala-gejala kecemasan dalam proses pembelajaran matematika. Siswa yang mengalami gejala kecemasan dalam pembelajaran matematika cenderung merasa bahwa dirinya tidak mampu dan tidak bisa mempelajari materi dan mengerjakan soal-soal matematika. Sikap seperti itu merupakan cerminan dari kecemasan yang dimiliki siswa masih tinggi. Salah satu kemampuan matematika yang harus dimiliki oleh seorang siswa terutama siswa SMP adalah kemampuan metakognisi. Kemampuan ini dapat membantu siswa membuat keputusan yang tepat, cermat, sistematis, logis, dan mempertimbangkan berbagai sudut pandang. Salah satu pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pengalaman siswa sehari-hari adalah pendekatan pembelajaran PMRI berkarakter islami dengan materi kubus dan balok. Kenyataan yang terjadi dalam materi kubus dan balok selama ini adalah sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam pelajaran geometri. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian gabungan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif yang berimbang. Analisis data hasil observasi kecemasan dan angket kemampuan metakognisi dianalisis secara dekriptif kuantitatif serta hasil wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, adanya hubungan yang berarti antara kecemasan siswa dan kemampuan metakognisi siswa dengan pendekatan pembelajaran PMRI berkarakter islami materi kubus dan balok. Sedangkan besarnya pengaruh kecemasan siswa terhadap kemampuan metakognisi siswa ditunjukkan melalui koefisien determinan sebesar (R2) sebesar 0,292 = 29,2%. Ini berarti variasi-variasi yang terjadi di dalam variabel kemampuan metakognisi (Y) dapat dijelaskan oleh variabel kecemasan siswa (X) melalui persamaan regresi, yakni Ŷ = 98,077 - 0,590 X yang bersifat linier, dan sisanya sebesar 70,8% dipengaruhi oleh variabel lain, seperti motivasi siswa, minat belajar siswa dan aktivitas siswa. Kemampuan metakognisi siswa pada pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI berkarakter islami dikategorikan pada tingkat cukup tinggi kemampuan metakognisinya. Dapat dideskripsikan bahwa beberapa siswa diawal, disaat, dan diakhir menyelesaikan masalah serta kegiatan evaluasi sudah melakukan aktivitas metakognisi, namun pada beberapa item pernyataan beberapa siswa tidak melakukan aktivitas metakognisi tersebut, seperti mereka kurang yakin dengan jawaban yang mereka kerjakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:32
Last Modified: 30 Dec 2016 03:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6358

Actions (login required)

View Item View Item