PENGARUH PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA POKOK BAHASAN SEGITIGA

Pratama, Moch Baghir (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA POKOK BAHASAN SEGITIGA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Model Missouri Mathematic Project (MMP),Kemampuan Penalaran, Segitiga. Kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran mengakibatkan rendahnya kemampuan penalaran, Ditambah materi matematika yang abstrak membuat siswa cenderung pasif. salah satu adalah Missouri Mathematics Project. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktifitas siswa terhadap hasil kemampuan penalaran matematis siswa pada model Missouri Mathematics Project, mengetahui adanya perbandingan antara model Missouri Mathematics Project dengan tanpa menggunakan model Missouri Mathematics Project (ekspositori), mengetahui kemampuan penalaran dengan model Missouri Mathematics Project sudah mencapai ketuntasan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. Sampel penelitian ini diambil dua kelas secara acak yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. Variabel bebas penelitian ini adalah aktivitas dan variabel terikatnya adalah Kemampuan Penalaran matematis. Penelitian ini menggunakan uji pengaruh (uji regresi linear), uji banding (uji Independent Samples T-Test), uji ketuntasan hasil kemampuan penalaran matematis (uji One sample T-Test). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh aktivitas terhadap model Missouri Mathematics Project dengan koefisien determinasi sebesar 65,7%, pembelajaran dengan model Missouri Mathematics Project lebih baik dibandingakan dengan pembelajaran ekspositori dengan selisih nilai mean 12,74, dan nilai ketuntasan siswa menggunakan model Missouri Mathematics Project lebih dari nilai ketuntasan minimal yaitu 76,77.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:30
Last Modified: 30 Dec 2016 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6357

Actions (login required)

View Item View Item