KEEFEKTIFAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA 5.0 BERBASIS BUDAYA SEKOLAH ISLAMI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI DIMENSI 3

Mujiburrohman, M. Mujiburrohman (2016) KEEFEKTIFAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA 5.0 BERBASIS BUDAYA SEKOLAH ISLAMI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI DIMENSI 3. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Keefektifan, Blended Learning, Geogebra 5.0, Budaya Sekolah Islami, Pemahaman Konsep. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh aktivitas dan minat siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep dalam Blended Learning berbantuan Geogebra 5.0 berbasis BuSI. Selain itu, (2) mengetahui rata-rata kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang mendapatkan Blended Learningberbantuan Geogebra 5.0 berbasis BuSI lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran Ekspositori. Selain itu, (3) mengetahui rata-rata kemampuan pemahaman konsep menggunakan Blended Learningberbantuan Geogebra 5.0 berbasis BuSImencapai KKM yaitu 75. Selain itu, (4)mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep pada Blended Learningberbantuan Geogebra 5.0 berbasis BuSI. Selainitu, (5) mengetahui interaksi antara kemampuan awal dengan kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari model pembelajaranpada materi dimensi tigakelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Sampel penelitian ini diambil dua kelas secara acak dari sebelas kelas yaitu kelas X 5, dan X 7. Kelas X 5 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Ekspositori, kelas X 7 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan modelBlended Learning berbantuan Geogebra 5.0 berbasis BuSI. Data penelitian diperoleh melalui: (1) observasi, (2) pretestkemampuan pemahaman konsep, (3) posttestkemampuan pemahaman konsep. Ujiyang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis regresi linierganda, uji Independent Samples T-Test, ujiOne sample T-Test, dan uji Two Way ANOVA. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh aktivitas dan minat terhadap kemampuan pemahaman konsep dengan persamaan regresiY ̂=-60,719+0,429X_1+1,360X_2.Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang mendapatkan modelBlended Learning berbantuan Geogebra 5.0 berbasis BuSI danmodelEkspositori pada materi dimensi tiga, hal ini terbukti pada analisa akhir dengan uji Independent Samples T-Test yaitu diperoleh t_hitung=2,570dan t_tabel=2,042 sehingga t_hitung>t_tabel. Kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian adalah pembelajaran pada kelas eksperimen yang menggunakan modelBlended Learning berbantuan Geogebra 5.0 berbasis BuSIlebih baik dibandingkan dengan metodeEkspositori dan tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal dengan kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:30
Last Modified: 30 Dec 2016 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6356

Actions (login required)

View Item View Item