PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS SEJARAH ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT

Maisaroh, Siti (2016) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS SEJARAH ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Contekstual Teaching and Learning, Kemampuan Komunikasi Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui adanya pengaruh keterampilan komunikasi interpersonal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika dalam CTL berbasis sejarah Islam. (2) Mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa yang dikenai CTL berbasis sejarah Islam pokok bahasan Segiempat pada siswa kelas VII semester 2 MTs Mathalibul Huda tahun pelajaran 2015/2016 mencapai kriteria ketuntasan minimal 72. (3) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa ditinjau dari pretest dan posttest. (4) Mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang dikenai CTL berbasis sejarah Islam dan siswa yang dikenai pembelajaran TPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Penarikan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, dan diperoleh siswa kelas VII D sebagai kelompok eksperimen (menggunakan CTL berbasis sejarah Islam) yang berjumlah 34 siswa dan siswa kelas VII J sebagai kelompok kontrol (menggunakan pembelajaran TPS) yang berjumlah 37 siswa. Penelitian dilakukan dalam empat kali pertemuan kelas eksperimen dan empat kali kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh keterampilan komunikasi interpersonal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika dalam CTL berbasis sejarah Islam pada pokok bahasan segiempat sebesar 79,8% dengan model regresi linier sederhana yang bersifat linear. Nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematika kelas eksperimen adalah 79,26 dan kelas kontrol 73,65. Dengan perbedaan rata-rata 5,61. Nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematika kelas eksperimen 79,26 berada pada kategori baik, dengan melihat nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen yang mencapai kriteria ketuntasan minimal 72, maka pembelajaran matematika dengan menggunakan CTL berbasis sejarah Islam sangat baik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pokok bahasan segiempat siswa kelas VII MTs Mathalibul Huda tahun pelajaran 2015/2016. Kedua rata-rata kemampuan komunikasi matematika pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol berbeda, artinya siswa pada kelas eksperimen mempunyai rata-rata kemampuan komunikasi matematika yang lebih baik dari siswa pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:30
Last Modified: 30 Dec 2016 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6353

Actions (login required)

View Item View Item