KEKERASAN TERHADAP ANAK DALAM NOVEL PINTU TERLARANG KARYA SEKAR AYU ASMARA DAN NOVEL NAYLA KARYA DJENAR MAESA AYU DAN PRAKTIK-PRAKTIKNYA DI LINGKUNGAN SMP

Naretarini, Happy (2016) KEKERASAN TERHADAP ANAK DALAM NOVEL PINTU TERLARANG KARYA SEKAR AYU ASMARA DAN NOVEL NAYLA KARYA DJENAR MAESA AYU DAN PRAKTIK-PRAKTIKNYA DI LINGKUNGAN SMP. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2 ABSTRACT.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: kekerasan terhadap anak, novel Pintu Terlarang, novel Nayla,psikologi kepribadian Islam, praktik-praktik kekerasan di lingkungan SMP. Penelitian ini berjudul Kekerasan Terhadap Anak dalam Novel Pintu Terlarang Karya Sekar Ayu Asmara dan Novel Nayla Karya Djenar Maesa Ayu dan Praktik-Praktiknya di Lingkungan SMP. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah kekerasan terhadap anak yang terdapat dalam novel Pintu Terlarang karya Sekar Ayu Asmara dan novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu dan praktik-praktiknya di lingkungan SMP. Tujuan penelitian ini adalah (1) Membandingkan bentuk kekerasan yang terdapat dalam novel Pintu Terlarang karya Sekar Ayu Asmara dan novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu dan praktik-praktiknya di lingkungan SMP. (2) Mendeskripsikan kepribadian tokoh dalam novel Pintu Terlarang karya Sekar Ayu Asmara dan novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu dan di lingkungan SMP dalam perspektif psikologi Islam. (3) Menemukan latar belakang terjadinya kekerasan terhadap anak dan bagaimana dampaknya terhadap anak yang terdapat dalam novel Pintu Terlarang karya Sekar Ayu Asmara dan Nayla karya Djenar Maesa Ayu dan pada peserta didik di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan observasi ilmiah. Penelitian kualitatif berupa perbandingan analisis novel Pintu Terlarang karya Sekar Ayu Asmara, dan novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu yang menunjukkan adanya bentuk tindak kekerasan terhadap anak. Penelitian observasi ilmiah, praktik-praktik kekerasan terhadap anak yang terjadi di lingkungan SMP. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan struktural, intertekstual, dan psikologi kepribadian Islam. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perbandingan bentuk kekerasan terhadap anak menunjukkan bahwa (a) Kekerasan terhadap anak yang terdapat dalam novel Pintu Terlarang karya Sekar Ayu dominan menunjukkan kekerasan fisik. (b) Kekerasan terhadap anak yang terdapat dalam novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu dominan menunjukkan kekerasan seksual. (c) Praktik kekerasan terhadap anak yang terjadi di lingkungan SMP merupakan kekerasan fisik, psikis, verbal, dan seksual. (2) Deskripsi bentuk kepribadian tokoh dalam perspektif psikologi kepribadian Islam menunjukkan bahwa (a) Kepribadian tokoh dalam novel Pintu Terlarang karya Sekar Ayu Asmara cenderung berkepribadian ammarah, namun ada beberapa tokoh pula yang berkepribadian lawwamah. (b) Kepribadian tokoh dalam novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu berkepribadian ammarah dan lawwamah. (c) Kepribadian pelaku kekerasan terhadap anak di lingkungan SMP cenderung berkepribadian ammarah dan lawwamah. (3) Latar belakang dan dampak dari kekerasan terhadap anak menunjukkan bahwa (a) Latar belakang terjadinya tindak kekerasan terhadap anak dalam novel Pintu Terlarang karya Sekar Ayu Asmara karena trauma masa lalu yang dialami orangtua akibat kekerasan, rasa kecewa terhadap takdir, dan pola asuh yang salah menggunakan kekerasan sebagai wujud kasih sayang. Sedangkan dampak dari kekerasan terhadap anak adalah menimbulkan luka fisik yang membekas di tubuh anak, trauma akibat penyiksaan, mental menjadi terganggu, dan rasa sakit hati yang dalam. (b) Latar belakang terjadinya tindak kekerasan terhadap anak dalam novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu yaitu keluarga yang pecah (broken home), faktor ekonomi, dan pola asuh anak yang salah. Dampak dari tindak kekerasan terhadap anak dalam novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu menimbulkan luka di tubuh anak, sikap lebih agresif dan emosional, pendendam, kecanduan alkohol, menarik diri dari pergaulan, pergaulan bebas dan hubungan sesama jenis. (c) Latar belakang terjadinya tindak kekerasan terhadap anak di lingkungan SMP yaitu kurangnya pengetahuan guru tentang kekerasan terhadap anak, tekanan pekerjaan, faktor ekonomi, pola pengajaran guru, dan muatan kurikulum yang berat. Sedangkan dampak dari tindak kekerasan terhadap anak di lingkungan SMP adalah cedera dan bekas luka yang dialami oleh siswa, agresif, murung, depresi, stres, cemas, emosi labil, rendah diri, rasa gatal pada kemaluan, kehamilan, rendah diri, malu, tidak menghargai orang lain, dan kurang dapat mengontrol diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:27
Last Modified: 30 Dec 2016 03:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6345

Actions (login required)

View Item View Item