PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) MELALUI MEDIA FILM PENDEK PADA SISWA KELAS VIII MTs N 2 SEMARANG

Khumairoh, Khumairoh (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) MELALUI MEDIA FILM PENDEK PADA SISWA KELAS VIII MTs N 2 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Kata kunci: kemampuan menulis puisi, model SAVI, media film pendek Dalam pelaksanaannya, pembelajaran menulis puisi belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Pada kenyataannya pembelajaran menulis puisi masih pada tahap teori-teori puisi, misalnya ciri-ciri puisi, nama pengarang, dan lain-lain. Pembelajaran menulis puisi di sekolah masih banyak kendala dan cenderung dihindari. Menurut keterangan yang diperoleh dari guru bahasa Indonesia MTs N 2 Semarang yang menyatakan bahwa keterampilan menulis puisi belum dikuasai siswa. Hal ini disebabkan masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi. Siswa mengalami kesulitan dalam menulis puisi karena belum mampu dalam menentukan tema dan membayangkan hal-hal yang akan ditulis. Siswa mengalami kesulitan untuk mencari bahasa yang khas untuk mengapresiasikan yang dibayangkan. Pembelajaran juga tidak sepenuhnya terpusat pada guru sehingga memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif dan kreatif. Oleh karena itu, peneliti memilih model SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) melalui media film pendek. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimanakah proses pembelajaran menulis puisi menggunakan model pembelajaran SAVI melalui media film pendek pada siswa kelas VIII MTs N 2 Semarang?, (b) Bagaimana peningkatan menulis puisi siswa kelas VIII MTs N 2 Semarang setelah menggunakan model SAVI melalui media film pendek?, (c) Bagaimana perubahan tingkah laku siswa kelas VIII MTs N 2 Semarang setelah dilakukan pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan model pembelajaran SAVI melalui media film pendek?. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah (a) Mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi menggunakaan model pembelajaran SAVI melalui media film pendek pada siswa kelas VIII MTs N 2 Semarang, (b) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan model pembelajaran SAVI melalui media film pendek pada siswa kelas VIII MTs N 2 Semarang, (c) Mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas VIII MTs N 2 Semarang setelah dilakukan pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan model pembelajaran SAVI melalui media film pendek. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus. Pada siklus I dan siklus II, terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diambil melalui tes dan nontes. Data tes yang digunakan berupa instrumen tes tertulis menulis puisi. Data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal siswa, jurnal guru, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa model SAVI dan media film pendek dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa siswa kelas VIII MTs N 2 Semarang. Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa diketahui dari hasil tes prsiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata kumulatif pada prasiklus mencapai 63,7 dengan kategori cukup pada rentang nilai 61-74. Nilai rata-rata kumulatif setelah dilakukan tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 71,3 dengan kategori cukup pada rentang nilai 61-74. Pada siklus II, nilai rata-rata kumulatif mengalami peningkatan menjadi 85,4 dengan kategori baik pada rentang nilai 85-100. Hal ini berarti terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 7,6%, dan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,1%. Perilaku yang ditunjukkan siswa berubah kea rah yang positif setelah diberi tindakan. Perilaku positif ini dibuktikan dari hasil observasi, jurnal siswa, jurnal guru, wawancara, dokumentasi. Perubahan perilaku ditunjukkan siswa pada siklus I, masih ada beberapa siswa yang berbicara sendiri pada saat proses pembelajaran berlangsung, tetapi pada siklus II sudah berkurang. Pada siklus II siswa lebih tenang dan memperhatikan proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah (1) Guru bahasa Indonesia hendaknya menggunakan model pembelajaran SAVI melalui media film pendek, karena model dan media pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Selain itu juga melalui model dan media ini dapat membuat siswa menjadi aktif, kreatif dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, (2) Para peneliti hendaknya dapat melakukan penelitian lanjutan yang serupa dengan model dan media pembelajaran yang lain sehingga didapatkan alternatif lain untuk pembelajaran menulis puisi, (3) Lembaga pendidikan pada umumnya dan siswa kelas VIIIF MTs N 2 Semarang pada khususnya diharapkan menjadikan hasil penelitian ini sebagai dasar dalam mengambil keputusan program-program pembelajaran, terutama berkaitan dengan pembelajaran menulis puisi bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:23
Last Modified: 30 Dec 2016 03:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6301

Actions (login required)

View Item View Item