Lutfiana, Azim (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 KUDUS DENGAN MODEL DEEP DIALOGUE. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
COVER_1.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (164kB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (102kB) | Preview |
|
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
||
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata kunci: Peningkatan berdiskusi dan model deep dialogue. Keterampilan berdiskusimerupakan salah satu materi yang harus dipelajari siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Kudus. Selain guru yang berkompeten, juga diperlukan model dan media yang tepat dalam pembelajaran berdiskusi. Rata-rata nilai kelas prasiklus belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 73. Maka diperlukan model deep dialogue dan media videodebat bersama untuk meningkatkan nilai siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana peningkatan hasil belajar, (2) bagaimana peningkatan motivasi belajar, dan (3) bagaimana peningkatan sikap belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Kudus dalam berdiskusi dengan model deep dialogue dan media videodebat bersama, serta (4) bagaimana peningkatan kinerja guru dalam berdiskusidengan model deep dialogue dan media video debat bersama. Tujuan penelitian ini untuk mendeskipsikan peningkatan hasil belajar siswa, mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa, dan mendeskripsikan peningkatan sikap belajar siswa, serta mendeskripsikan peningkatan kinerja guru dalam berdiskusi dengan model deep dialogue dan media video debat bersama. Prosedur penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan berdiskusi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Kudus. Variabel penelitian ini adalah materi berdiskusi, model deep dialogue, dan media video debat bersama. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik tes dan nontes, yang terdiri atas pengamatan atau observasi, wawancara, kuesioner atau angket dan dokumentasi foto. Hasil tes tahap prasiklus mencapai nilai rata-rata sebesar 54,25, pada tahap siklus I mencapai nilai rata-rata 67,07, dan pada tahap siklus II mencapai nilai rata-rata 79,11. Sedangkan hasil nontes motivasi belajar tahap prasiklus 53,61% dengan skor 2, tahap siklus I 68,43% dengan skor 3, dan tahap siklus II 41,26% denan skor 4. Hasil sikap siswa pada tahap prasiklus 58,33% dengan skor 2, pada tahap siklus I 57,03% dengan skor 3 dan pada tahap siklus II 58,14% dengan skor 4. Hasil angket kinerja guru pada tahap prasiklus jumlah skor 36, pada tahap siklus I jumlah skor 45 dan pada tahap siklus II jumlah skor 49. Berdasarkan hasil tes dan nontes, nilai siswa meningkat.Siswa juga lebih antusiasuntuk mengikuti pembelajaran berdiskusi menggunakan model deep dialogue dan media video debat bersama. Oleh karena itu, hendaknnya guru Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Kudus menerapkan model deep dialogue dan media video debat bersamadalam pembelajaran berdiskusi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 03:22 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 03:22 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6288 |
Actions (login required)
View Item |