PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VII MTs N 02 SEMARANG

Azizah, Imro’atul (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VII MTs N 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Menyusun Teks Eksplanasi, Model Berbasis Masalah. Penelitian ini berjudul Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Eksplanasi Menggunakan Model Berbasis Masalah Pada Siswa kelas VII MTs N 02 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengukur peningkatan hasil belajar siswa menyusun teks eksplanansi menggunakan model berbasis masalah pada siswa kelas VII MTs N 02 Semarang. 2) Mengukur peningkatan motivasi belajar siswa dalam menyusun teks eksplanasi menggunakan model berbasis masalah pada siswa kelas VII MTs N 02 Semarang. 3) Mendeskripsikan perubahan sikap belajar siswa kelas VII MTs N 02 Semarang dalam mengikuti pembelajaran menyusun teks eksplanasi menggunakan berbasis masalah. 4) Mengukur kinerja guru dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi menggunakan berbasis masalah pada siswa kelas VII MTs N 02 Seamarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri atas empat siklus Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes berupa menyusun teks eksplanasi, sedangkan nontes berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi foto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif berupa analisis data yang diperoleh dari mendeskripsikan dan mengelompokkan data yang diperoleh dari pengamatan dan wawancara. Penelitian kuantitatif berupa analisis nilai secara keseluruhan, dan merekap nilai tes menyusun teks eksplanasi dengan model berbasis masalah pada prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III kemudian menghitung nilai rata-rata yang diperoleh. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan 1) hasil tes pra siklus mencapai 61,93, dengan perolehan siswa yang mencapai KKM sebanyak 7 siswa, meningkat menjadi 71,59 pada hasil tes siklus I dengan hasil siswa yang mencapai KKM 19 siswa dari 44 siswa. Hasil tes siklus II yaitu menjadi 79,43, dengan perolehan nilai siswa yang mencapai KKM sebanyak 40 siswa dan meningkat pula pada siklus III yaitu 89,43 dengan hasil 44 siswa sudah mencapai KKM yang sudah ditentukan, 2) adanya perubahan perilaku ke arah positif, dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai perilaku pada lembar pengamatan dan lembar angket yang sudah diberikan pada siswa saat pembelajaran dari siklus I hasilnya 10,12 kemudian meningkat di siklus akhir menjadi 30,57 3) adanya perubahan motivasi belajar siswa kearah yang lebih baik. Pada siklus II hasilnya sebesar 7,12 kemudian meningkat menjadi 21,64. Pada siklus III meningkat menjadi 29,85 4) peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran sudah tercapai dengan indikator-indikator yang sudah ditentukan yang meliputi eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Dengan skor yang rata-rata yang awalnya 70 meningkat menjadi 75 dan di akhir pembelajaran siklus III meningkat menjadi 80 per aspek. Hal ini sudah menunjukan adanya peningkatan kinerja guru dan dengan jumlah yang meningkat pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Dec 2016 08:01
Last Modified: 19 Dec 2016 08:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6275

Actions (login required)

View Item View Item