Pumita, Riska Nalia (2016) PENGARUH IDENTITAS MEREKDAN CITRA MEREKTERHADAP LOYALITAS MEREK PADA KONSUMEN AIR MINERAL KEMASAN AQUA DIKOTA SEMARANG (Studi Kasus Di Kecamatan Genuk Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (104kB) | Preview |
|
Text
BAB I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
||
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text
BAB IIi_1.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Merek mempunyai peranan penting bagi proses berkembangnya sebuah perusahaan, terutama ditengah persaingan yang semakin ketat. Untuk mengatasi persaingan yang terjadi, maka perusahaan akan tetap menjaga pangsa pasarnya, salah satunya dengan membentuk loyalitas merek melalui identitas dan citra merek yang kuat. Tanpa identitas merek yang kuat dan citra merek yang positif, sangatlah sulit bagi perusahaan untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan yang sudah ada. Seperti yang dialami Aqua saat ini dengan munculnya berbagai macam produk dalam satu kategori yang dapat dengan mudah ditiru dan dimiliki oleh siapapun mengakibatkan sulitnya perusahaan untuk mempertahankan identitasnya sebagai pemimpin pasar. Hal tersebut yang menjadi latar belakang munculnya penelitian ini. Masalah yang muncul adalah: Bagaimana Pengaruh Identitas Merekterhadap loyalitasmerek pada konsumen air mineral Aqua di kota Semarang? Bagaimana Pengaruh Citra Merek terhadap loyalitas merek pada konsumen air mineral Aqua di kota Semarang ? Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengetahui pengaruh Identitas Merek dan Citra Merekterhadap loyalitasmerek pada konsumen air mineral Aqua di kota Semarang. Upaya untuk menjawab permasalahan dan tujuan dari penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori marketing komunikasi dan merek. Objek dari penelitian ini adalah variabel Identitas Merek, Citra Merek dan Loyalitas Merek. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS 19. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random samplingdimana pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran data kuesioner pada konsumen air mineral Kemasan MerekAQUA yang telah mengkonsumsi selama 3 bulan pada 100 responden. Sedangkan teknik pengujian data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis identitas merek menunjukan nilai t hitung sebesar 1,242 dengan taraf signifikansi 0,217. Taraf signifikansi tersebut lebih besar dari 0,05, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menerima Ho dan menolak Ha dan citra merek menunjukan nilai t hitung sebesar 3,693 dengan taraf signifikansi 0,000. Taraf signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Identitas Merek tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat Loyalitas Merek. Citra Merek memiliki pengaruh terhadap tingkat Loyalitas Merek. Kata Kunci: Identitas Merek, Citra Merek, Loyalitas Merek
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 03:33 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 03:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5906 |
Actions (login required)
View Item |