AMALIA, NINDIANA TRI (2016) Hubungan Experiential Marketing Terhadap Pembentukan Loyalitas Nasabah Bank Perkreditan Rakyat Weleri Makmur Semarang. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (360kB) | Preview |
|
Text
BAB I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
||
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (196kB) | Preview |
Abstract
BPR Weleri Makmur merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi yang berpusat di daerah Semarang. Persaingan di dunia bisnis ekonomi yang semakin pesat dewasa ini, menjadikan BPR Weleri Makmur harus lebih cermat dalam meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat membentuk dan meningkatkan loyalitas nasabah. Dalam rangka menciptakan suatu pendekatan pemasaran yang tak terlupakan, guna membentuk dan mempertahankan loyalitas nasabah melalui strategi penciptaan program experiential marketing yang tepat, unik dan berkesinambungan, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada hubungan experiential marketing yang terdiri dari unsur panca indera (sense), perasaan (feel), cara berpikir (think), kebiasaan (act), dan pertalian (relate), terhadap pembentukan loyalitas nasabah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni, integrated marketing communications, karena teori ini sesuai dengan pengembangan dan implementasi dari program komunikasi persuasif perusahaan kepada nasabah maupun calon nasabahnya secara berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Responden penelitian ini adalah nasabah jenis kredit BPR Weleri Makmur, dengan jumlah sampel yang diteliti yakni sebanyak 180 nasabah, menggunakan metode kuantitatif non probability sampling. Uji validitas instrumen menggunakan confirmatory factor analysis, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis penelitian ini menggunakan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing – masing variabel experiential marketing berkolerasi namun masuk dalam kategori yang rendah, serta memiliki nilai kontribusi terhadap pembentukan loyalitas nasabah yang rendah. Namun ketika semua variabel independen digabungkan, menghasilkan nilai kontribusi yang sedang, dengan angka kontribusi terhadap pembentukan loyalitas nasabah sebesar 24%, yang artinya 76% sisanya ditentukan oleh variabel lain. Dalam penelitian ini telah ditemukan lima variabel lain yang mempengaruhi loyalitas nasabah, yakni; komitmen, kepuasan, kepercayaan, komunikasi antar pribadi, dan word of mouth. Sedangkan hasil dari nilai Sig.F change 0,000 < 0,05, maka keputusannya adalah H 01-6 ditolak dan H diterima. Artinya variabel experiential marketing berhubungan secara simultan dan signifikan terhadap pembentukan loyailtas nasabah BPR Weleri Makmur. a1-6 Kata kunci: experiential marketing, marketing public relations, loyalitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 03:31 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 03:31 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5890 |
Actions (login required)
View Item |