Utomo, Hanif and Nugroho, Andi Probo (2016) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DEPAN PERTOKOAN DAN PASAR RAYA LUWES PURWODADI (STUDI KASUS JL. R. SUPRAPTO PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.
|
Text
1. COVER FIX.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAKSI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR ISI fix.pdf Download (33kB) | Preview |
|
Text
12. BAB I fix.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
Text
13. BAB II fix.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text
14. BAB III fix.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text
15. BAB V fix.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA fix.pdf Download (88kB) | Preview |
|
Text
16. bab IV fix.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Purwodadi adalah kota kecil yang memiliki tingkat volume lalu lintas yang cukup tinggi, karena banyak adanya kegiatan pasar dan pertokoan di sepanjang jalan khususnya di Jalan R. Suprapto. Oleh karena itu perlu di adakan studi kasus tentang Analisis Kinerja Ruas Jalan untuk memperdiksikan tingkat arus lalulintas per tahunnya . Tahapan kegiatan yang di lakukan adalah pengumpulan data primer seperti jumlah kendaraan, hambatan samping dan data sekunder, seperti data kepemilikan motor, data jumlah penduduk. Adapun analisis kinerja ruas jalan di lakukan berdasarkan empat tahapan yaitu Kapasitas Dasar (C0), Faktor penyesuaian akibat lebar jalur lalu lintas (Fcw), Faktor penyesuaian akibat pemisah arah (FCsp), dan Faktor penyesuaian akibat hambatan samping (FCsf). Untuk mengetahui Derajad kejenuhan (DS) dan Tingkat Pelayanan (Level Of Service),lalu lintas pada Jl.R.Suprapto maka di lakukan survey langsung di lapangan untuk mengetahui arus lalu lintas yang terjadi di sepanjang Jl.R.Suprapto, maka di adakan perhitungan manual dan menggunakan Software KAJI dimana : DS = Q/C. Dari hasil olah data nampak bahwa kinerja ruas jalan tersebut mempunyai tingkat pelayanan C dimana kondisi ruas jalannya Stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan di kendalikan, dengan perhitungan manual memberikan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,47 dan 0,46 dengan KAJI . Setelah di lakukan perhitungan prediksi arus lalu lintas untuk beberapa tahun ke depan, maka di prediksikan pada tahun 2020 dengan perhitungan manual arus lalu lintas sebesar 4203,74 smp/jam dengan DS = 0,78 dan dengan KAJI arus lalu lintasnya sebesar 4205,41smp/jam dengan DS = 0,77 dengan tingkat pelayanan D dimana arus mendekati stabil, oleh karena itu di lakukan pemasangan median pada jalan (C0= 6600) sebagai alternatif ke-1 ternyata hanya mampu mengatasi kemacetan sampai tahun 2020 juga, dengan perhitungan manual ataupun menggunakan KAJI nilai DS = 0,69 dan pada tahun 2021 mempunyai nilai derajat kejenuhan sebesar 0,76 dan alternatif ke-2 pemasangan median dan perlebaran lebar efektif jalan (FCw = 1,04) serta pengurangan lebar bahu efektif jalan (FCsf = 0,92) yang menghasilkan C = 6314 smp/jam dan DS = 0,81 pada tahun 2022 dengan arus lalu lintas sebesar 5158,17 smp/jam Kata Kunci : Volume, Metode, Kapasitas, Derajad Kejenuhan (DS), Tingkat Pelayanan (Level of Service)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 03:16 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 03:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5720 |
Actions (login required)
View Item |