ANALISA KEGAGALAN DAN USULAN KEBIJAKAN MAINTENANCE MESIN CARDING DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE II (RCM II) (Studi Kasus : PT Sari Warna Asli Unit V Kudus – Spinning II)

CHARIS, NOOR MUHAMMAD (2016) ANALISA KEGAGALAN DAN USULAN KEBIJAKAN MAINTENANCE MESIN CARDING DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE II (RCM II) (Studi Kasus : PT Sari Warna Asli Unit V Kudus – Spinning II). Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
BAB I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PT.Sari Warna Asli Unit V bagian Spinning II Kudus adalah perusahaan industri tekstil pemintalan benang.Dengan landasan Spinning II adalah proyek baru maka perusahaan menerapkan pengawasan yang ketat dalam segala aktifitas produksi, salah satunya dalam hal perawatan mesin. Mesin Carding memiliki kejadian breakdown dan downtime yang tinggi sehingga menimbulkan kerugian (loss opportunity) dari segi biaya perawatan dan produktivitas perusahaan. Berdasarkan data 20 mesin carding periode Maret-Agustus 2015 total terjadi 99 kejadian breakdown atau mengalami downtime sebesar 0,9377% dari waktu operasi mesin (rata-rata terjadi 0,1563% downtime per bulan). Nilai tersebut jauh dibawah sasaran mutu yang ingin dicapai oleh perusahaan yaitu sebesar 0,062% downtime mesin per bulan. Mesin Carding terdiri dari 3 sistem yaitu system chute feed JWF1171, system carding JWF1203 dan system coiler FT209A. Dari ketiga system tersebut system JWF1203 menjadi penyebab utama kerusakan karena memiikipersentase paling besar terhadap downtime mesin.Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rencana kegiatan perawatan guna meminimalkan downtime dan menjamin kehandalan mesin carding berdasarkan modus kegagalannya. Metode yang digunakan adalah Reliability Centered Maintenance II dengan memadukan analisis kuantitatif dan kualitatif. Metode Reliability Centered Maintenance II ini digunakan untuk menentukan kegiatan perawatan berdasarkan pada RCM II Decision Worksheet sesuai dengan fungsi sistem JWF1203 dan FMEA digunakan untuk mengidentifikasi penyebab kegagalan serta efek yang ditimbulkan dari kegagalan tersebut.Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan kegiatan maintenance untuk modus kegagalan yang terdiri dari 1 kebijakan scheduled discard task, 14 kebijakan on condition task, dan 15 kebijakan no-scheduled maintenance. Kata Kunci: PT Sari Warna Asli Unit-V, Breakdown, Downtime, Mesin Carding, Reliability Centered Maintenance II

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2016 02:50
Last Modified: 19 Oct 2016 02:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5665

Actions (login required)

View Item View Item