PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI 1 RAKIT BANJARNEGARATAHUN PELAJARAN 2015/2016

Solichun, Solichun (2016) PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI 1 RAKIT BANJARNEGARATAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (889kB) | Preview
[img] Text
BAB I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text
BAB VI_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (892kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 1 Rakit Banjarnegara belum optimal, Gurudalam pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak juga belum menggunakan, strategi dan pendekatan pembelajaran yang bervariasi, keaktifan siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak tergolong rendah sehingga prestasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak lebih rendah dari mata pelajaran agama lainnya. Jenis penelitianini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Perencanakan pembelajaran dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning), dilakukan Bapak Torikin, S.Ag sebagai guru aqidah akhlak dengan membuat perangkat pembelajaran yaitu rencana terhadap pembelajaran yang akan dilakukan. Komponen perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh Bapak Torikin, S.Ag meliputi; 1) perumusan tujuan pembelajaran, 2) pemilihan dan pengorganisasi materi ajar, 3) pemilihan sumber belajar/media pembelajaran, 4) skenario/kegiatan pembelajaran dan 5) penilaian hasil belajar. Kedua, Pelaksanaan Pembelajaransebagaimana hasil observasi dan wawancara di kelas VII MTs Negeri 1 Rakit Banjarnegara pada pokok bahasan al-asma al-husna. Bapak Torikin, S.Ag mengaplikasikan Rencana Pelaksaaan Pembelajaran yang telah dibuat menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) dalam pembelajaran aqidah akhlak. Sebagai contoh pada materi asmaul khusna, makna al aziz dalam kehidupan sehari hari orang yang lebih kuat menolong orang yang lemah, sebagaimana relawan menolong korban longsor, orang yang kaya membantu orang yang miskin. KetigaEvaluasi pembelajaran aqidah akhalak dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung, dengan tes lesan, atau tugas individu serta tugas kelompok, selain itu juga melakukan penilaian terhadap siswa dalam bentuk ulangan harian setelah menyelesaikan satu atau dua kompetensi dasar. Bentuk tes yang digunakan dalam ulangan harian adalah adalah tes tertulis. Kata kunci : Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning, Aqidah Akhlak, MTs Negeri 1 Rakit

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2016 02:49
Last Modified: 19 Oct 2016 02:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5653

Actions (login required)

View Item View Item