Andini, Risti Lilis (2016) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DARI BEREDARNYA MAKANAN DAN MINUMAN KADALUWARSA DITINJAU DARI UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Perlindungan konsumen merupakan hal yang berkaitan dengan bidang bisnis terutama bidang penjualan makanan dan minuman.Tidak sedikit konsumen yang mengalami kerugian akibat kurang waspadanya konsumen.Peredaran makanan dan minuman yang semakin beragam, membuat konsumen tidak memperhatikan label pada makanan dan minuman tersebut terutama pada label halal dan tanggal kadaluwarsa.Hal tersebut dapat memicu pelaku usaha untuk berbuat curang.Oleh karena itu diperlukan upaya perlindungan hukum terhadap konsumen dari berbagai lembaga seperti LPPOM MUI yang bertugas menangani sertifikasi halal, Badan POM bertugas mengawasi peredaran produk dan BPSK sebagai lembaga penyelesaian sengketa dalam konsumen.sumber hukum berlandas kan pada UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Pokok dari permasalahan ini adalah bagaimana pelaksanaan, kendala apa yang muncul serta solusi dalam perlindungan hukum terhadap konsumen ditinjau dari UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses pelaksanaan, apa saja kendala dan solusi dalam perlindungan hukum terhadap konsumen ditinjau dari UU No. 8 tahun 1999. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sosiologis, penelitian terhadap norma-norma dan peraturan hukum yang terdapat dalam peraturan perlindungan konsumen.Hasil dari penelitian yaitu (1) Pelaksanaan perlindungan hukum terhadap konsumen dari beredarnya makanan dan minuman kadaluwarsa ditinjau dari UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen melalui berbagai tahap dan terkait dengan banyak sektor. Untuk itu perlu dijalin suatu kerjasama yang baik. Proses pelaksanaanmulai dari sertifikasi Halal, pelabel dan pengawasan secara langsung ke beberapa toko dan swalyana oleh Badan POM serta Penyelesain sengketa Konsumen oleh BPSK. (2)Kendala dalam perlindungan hukum terhadap konsumen dari beredarnya makanan dan minuman kadaluwarsa ditinjau dari UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen terletak pada banyaknya produk baru yang bervariasi,dokumen yang kurang lengkap,luasnya wilayah, dan banyaknya toko maupun swalayan di beberapa daerah serta minimnya pihak yang dapat turun langsung, sehingga sulit untuk dijangkau dan diawasi. (3)Perlindungan hukum yang ideal terhadap konsumen dari beredarnya makanan dan minuman kadaluwarsa ditinjau dari UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dengan pengawasan dan pemeriksaan langsung, konsumen harus teliti dan cermat sebelum membeli produk, serta produsen harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan dari konsumen dan juga harus menggunakan bahan baku yang aman dan tidak berbahaya.Ketentuan pasal 7 UUPK huruf d bahwa kewajiban pelaku usaha adalah menjamin mutu barang dan/ atau jasa yang diproduksi dan /atau diperdagangkan berdasarkan ketentuan standart mutu barang dan/ atau jasa yang berlaku. Walaupun sudah ada aturan yang mengaturnya ,tetap saja masih banyak pelaku usaha yang melakukan kecurangan dengan menjual makanan dan minuman yang sudah kadaluwarsa. Penulis memberikan saran terhadap peran pemerintah dan lembaga yang berwenang dalam perlindungan konsumen harus lebih mengawasi pelaku usaha dan meninjau kembali peraturan tentang perlindungan konsumen serta mempertegas hukuman untuk pelaku usahatersebut, agar tidak ada konsumen yang dirugikan lagi. Kata Kunci :Perlindungan Hukum, Konsumen Makanan Dan Minuman Kadaluwarsa, Perlindungan Konsumen. DaftarPustaka:25(1945-2015)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 03:17 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 03:17 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5474 |
Actions (login required)
View Item |