PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTU MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS IV SDN TRIMULYO 01

Utomo, Teguh (2016) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTU MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS IV SDN TRIMULYO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Dasar atau sekolah Dasar merupakan momentum awal bagi anak untuk meningkatkan kemampuan dirinya, dari bangku sekolah dasarlah mereka mendapatkan imunitas belajar yang kemudian menjadi kebiasaan yang mereka lakukan dikemudian hari. Pembelajaran bahasa di sekolah dasar merupakan kegiatan membekali siswa sejak awal secara berkesinambungan agar siswa memiliki disiplin dalam berpikir dan berbahasa, kebanyakan guru bahasa belum begitu menyadari pentingnya pembinaan pelatihan menulis sehingga menyebabkan siswa mempunyai kreativitas menulis rendah. Berdasarkan hasil pengamatan di SDN Trimulyo 01 ditemukan masalah kreativitas dan keterampilan menulis siswa kelas IV rendah. Model Think Talk Write berbantu media gambar seri digunakan untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan menulis karangan narasi. Jenis penilitian adalah penelitian tindakan kelas, subjek Penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Trimulyo 01. Teknik pengumupulan data yaitu tes, pengamatan, wawancara, angket, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kreativitas siswa pada siklus I memperoleh skor 731 dengan presentase 66,45 %, pada siklus II memperoleh skor 891 dengan presentase 81%. (2) Sedangkan keterampilan menulis siswa pada siklus I nilai rata-rata 64,1 dengan ketuntasan klasikal mencapai 63,64 %, pada siklus II nilai rata-rata 73,3 dengan ketuntasan klasikal mencapai 81,8 %. Jadi model Think Talk Write berbantu media gambar seri dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan menulis karangan narasi. Kata kunci: Kreativitas, Keterampilan Menulis, Model Think Talk Write

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2016 02:54
Last Modified: 11 Oct 2016 02:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5382

Actions (login required)

View Item View Item