Dewi, Rika Afita (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT MELALUI MODEL PBL DI KELAS V SD NEGERI KALISARI 1. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
Text
bab I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
daftar isi_1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
abstrak_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
cover_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
bab II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
bab IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
bab V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
bab III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
daftar pustaka_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ni adalah apakah karakter kemandirian dan prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran PBL mata pelajaran matematika kelas V B SD Negeri Kalisari 1. Jenis penelitian ini adalah PTK dilaksanakan 2 siklus, Subjek penelitian siswa kelas V B SD Negeri Kalisari 1. Hasil penelitian menunjukan. Karakter kemandirian belajar siswa siklus I mendapatkan jumlah skor 699 dengan presentase 60,67% dan termasuk kreteria kemandirian belajar siswa baik. Siklus II terjadi peningkatan yaitu jumlah skor keseluruhan 927 presentase 83,50% dan termasuk pada kriteria kemandirian belajar baik.Selain itu dalam lembar angket kemandirian belajar siswa memperoleh jumlah skor 2166 dengan presentase 80,22% Jumlah keseluruhan nilai evaluasi siklus I diperoleh rata-rata kelas 69,21 dengan presentase ketuntasan belajar 72,3%. Siklus II meningkat dengan rata-rata kelas 74,35 presentase ketuntasan belajar 86,11% dari jumlah seluruh siswa. Prestasi siswa sudah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu 85% dari jumlah ketuntasan klasikal. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan karakter kemandirian dan prestasi siswa kelas VB SD Negeri Kalisari 1. Hal ini ditandai dengan siswa yang sebelumnya pasif dalam proses pembelajaran matematika sekarang menjadi aktif. Selain itu siswa menjadi berani untuk berbicara mengungkapkan pendapatnya,dan menyelesaikan permasalahan atau soal yang diberikan guru. Kata Kunci: karakter kemandirian, prestasi belajar, model pembelajaran PBL
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 02:54 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 02:54 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5381 |
Actions (login required)
View Item |