PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK DI KELAS IV SD NEGERI KARANGROTO 01 GENUK

Halimah, Nur (2016) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK DI KELAS IV SD NEGERI KARANGROTO 01 GENUK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar IPS Materi Koperasi Melalui Model Pembelajaran Pair Check di Kelas IV SD Negeri Karangroto 01 Genuk, kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A SD Negeri Karangroto 01 Genuk dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan kemandirian belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek minat belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh rata-rata 66,69% dengan kriteria kemandirian baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata 86,17% dengan kriteria kemandirian sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 57,69%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 92,30%. Adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II ditunjukan dengan aktivitas siswa siklus I dengan rata-rata 72,02% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 88,15%. Berdasarkan penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Check dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar serta aktivitas siswa di kelas IV A SD Negeri Karangroto 01 Genuk. Kata kunci: kemandirian, prestasi belajar, model pembelajaran Pair Check

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2016 02:54
Last Modified: 11 Oct 2016 02:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5378

Actions (login required)

View Item View Item