PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI UNSUR CERITA RAKYAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DI KELAS V SDI DARUL HUDA

Sholihah, Hidayatush (2016) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI UNSUR CERITA RAKYAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DI KELAS V SDI DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Abstrak_1.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi_1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img]
Preview
Text
Cover_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentu akan membawa kelas yang tidak lagi kondusif. Hal ini terjadi pada keberhasilan siswa kelas Va SDI Darul Huda dengan hasil rata-rata kelas 62. Dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) diharapkan dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar khususnya materi unsur cerita rakyat. Penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC merupakan model pembelajaran dalam kelompok heterogen 4 orang yang bekerja sama terhadap wacana yang diberikan kemudian menuliskan hasilkolaboratifnya. Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC mempunyai beberapa manfaat, salah satunya adalah melatih siswa untuk berani memberikan tanggapan, mengemukakan pendapat atau sanggahan secara lisan dan tertulis. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 69% dengan kriteria rasa ingin tahu cukup baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata 89% dengan kriteria rasa ingin tahu sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase ketuntasan kelas 51,72%. Pada siklus II dengan presentase ketuntasan kelas 89,66%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa. Hasil dari penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC di kelas V SDI Darul Huda, ada beberapa saran, bagi guru yaitu dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC guru harus lebih memperhatikan siswa, agar dalam melaksanakan pembelajaran ini siswa dapat melaksanakan dengan baik dan maksimal, hendaknya guru menguasai konsep atau langkah-langkah pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe CIRC agar pembelajaran terlaksana dengan lancar. Bagi siswa sebaiknya siswa mendengarkan dan memperhatikan saat guru memberikan penjelasan dan pengarahan tentang langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe CIRC agar dalam pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. Sedangkan bagi sekolah hendaknya pengajar/guru menguasai berbagai model pembelajaran, khususnya model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, sekolah hendaknya menyediakan berbagai media dan buku panduan mengenai model-model pembelajaran terutama model pembelajaran kooperatif tipe CIRC yang dapat menunjang prestasi akademik guru. Hendaknya guru terlibat dalam kegiatan pelatihan model pembelajaran yang dapat menunjang performansi guru, sekolah hendaknya menyediakan fasilitas yang mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kata Kunci: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2016 02:54
Last Modified: 11 Oct 2016 02:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5376

Actions (login required)

View Item View Item