PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS V SD NEGERI BUARAN

Munawaroh, Khayati (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS V SD NEGERI BUARAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tanggung jawab siswa yang berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dalam upaya meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT yaitu suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok yang saling ketergantungan, dan bertanggung jawab antar individu, dengan tiap kelompok terdiri dari 3-5 siswa dan tiap siswa memiliki nomor yang berbeda. Teknis analisis data yang digunakan antara lain analisis instrumen tes meliputi: validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran, dan Tes meliputi: nilai tiap siswa, rata-rata kelas, ketuntasan belajar siswa dan uji gain ternormalitas. Sedangkan non tes meliputi: aktivitas guru dan sikap tanggung jawab siswa. Hasil penelitian diperoleh data tanggung jawab siswa pada siklus I memperoleh presentase 42,37% dengan kriteria tanggung jawab cukup, dan meningkat pada siklus II dengan perolehan presentase 86,41% dengan kriteria tanggung jawab sangat baik. Perolehan data pada prestasi belajar siswa siklus I dengan ketuntasan klasikal 51,72%, dan meningkat pada siklus II dengan perolehan ketuntasan klasikal 86,21%. Hasil peneitian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar matematika di kelas V SD Negeri Buaran. Kata Kunci : Tanggung jawab, Prestasi belajar, Model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2016 02:53
Last Modified: 11 Oct 2016 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5373

Actions (login required)

View Item View Item