PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN RASA INGIN TAHU MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS VSD NEGERI KARANGROTO 01

Anugrahwati, Silvina Kukuh (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN RASA INGIN TAHU MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS VSD NEGERI KARANGROTO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi_1.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dikarenakan kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran matematika masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh di bawah KKM. Selain itu rasa ingin tahu siswa yang masih rendah, terbuti dari siswa yang dapat mengerjakan soal sesuai dengan yang diajarkan gurunya saja. Ketika siswa dihadapkan pada sebuah soal yang berbeda dengan contoh yang diajarkan guru, siswa tidak dapat mengerjakannya. Selain itu, siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika, berbeda dengan siswa ketika mengikuti pembelajaran mata pelajaran lain. Hal ini karena siswa beranggapan matematika itu sulit. Penelitian yang dilaksankan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Karangroto 01 kecamatan Genuksari Kota Semarang pada kelas Va yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 15 siswa putri. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan model proble based learning bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu pada mata pelajaran matermatika materi merubah pecahan biasa menjadi bentuk persen dan sebaliknya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan observasi. Lembar tes kemampuan pemecahan masalah berjumlah 5 soal yang diberikan pada setiap pertemuan. Lembar angket rasa ingin tahu diberikan pada pertemuan 2 di akhir siklus I dan siklus II. Pada lembar angket terdapat 20 pernyataan yang berbentuk pernyataan positif dan negatif. Lembar aktivitas siswa dinilai pada setiap pertemuan. Aktivitas guru dilakukan untuk refleksi dari pertemuan 1 dan 2 pada setiap siklus. Hasil penelitian pada siklus I rasa ingin tahu mendapat presetase 76,30% dengan kriteria baik. pada siklus II mandapat presentase 88,52% dengan kriteria sangat baik. Siklus I presentase ketuntasan klasikalnya 48,14%%. Siklus II presentase ketuntasan klasikalnya 87,03%. Dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu di kelas V SD Negeri Karangroto 01. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Rasa Ingin Tahu, Problem Based Laerning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:17
Last Modified: 04 Oct 2016 06:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5371

Actions (login required)

View Item View Item