Rusadi, Ika Nofiani (2016) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS V SD ISLAM DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
1 COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
7 DAFTAR ISI.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
10 ABSTRAK.pdf Download (15kB) | Preview |
|
Text
11 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
||
Text
12 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
Text
13 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
||
Text
15 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
||
Text
14 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
||
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara dengan guru bahwa disiplin siswa masih kurang. Hal ini dibuktikan masih banyak pelanggaran terhadap peraturan tata tertib sekolah, seperti berbicara sendiri dengan teman sewaktu guru sedang menyampaikan materi, tidak membawa buku pelajaran atau buku paket sekolah. Proses belajar mengajar yang terjadi di kelas, gurukuranginovatif dalam menyampaikan pelajaran, dimana guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan siswa. Hal ini berakibat pada prestasi belajar siswa tidak mencapai kriteria ketuntasan belajar (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 56. Berkaitan dengan alasan di atas, pembelajaran yang tepat dilakukan dengan menggunakan modelpembelajaran Course Review Horay. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Subyek penelitian ini adah siswa kelas V SDI Darul Huda yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan lembar sikap disiplin siswa. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat adanya peningkatan prestasi belajar dan sikap disiplin siswa, ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata matematika yaitu 64,46 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 71,42%, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya yaitu 72,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,5%, maka terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Kemudian adanya peningkatan disiplin siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 67,89% kategori disiplin cukupdan pada siklus II nilai rata-rata yaitu 85,25% dengan kategori disiplin siswa sangat baik. Berdasarkan penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan disiplin dan prestasi belajar siswa di kelas V SDIslam Darul Huda. Kata Kunci: Disiplin, Prestasi Belajar, Model pembelajaran Course Review Horay
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 06:17 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 06:17 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5370 |
Actions (login required)
View Item |