Farida, Ida (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS IV SD NEGERI BANJARSARI 1. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
abstrak_1.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi_1.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text
bab I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
||
Text
bab V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
|
Text
cover_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka_1.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
bab II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
Text
bab IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
||
Text
bab III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang penelitian ini adalah kurangnya tanggung jawab, dapat diketahui dari perilaku siswa yang tidak mencerminkan tanggung jawab, seperti tidak mengumpulkan tugas tepat waktu. Rata-rata nilai belajar IPA kelas IV SDN Banjarsari 1 mencapai 69 dan ketuntasan mencapai 63% dengan kategori cukup. Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan tanggung jawab dan nilai belajar pada mata pelajaran IPA melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournament di kelas IV SDN Banjarsari 1, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Banjarsari 1 berjumlah 19 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tiap urutan kegiatan penelitian mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan sikap tanggung jawab siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I sikap tanggung jawab siswa mencapai 52,63% dan nilai rata-rata sikap tanggung jawab mencapai 2,37 dengan kategori cukup. Pada siklus II sikap tanggung jawab siswa mencapai 89,48% dan nilai rata-rata sikap tanggung jawab 2,89 dengan kategori baik. Nilai belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran tipe Teams Games tournament (TGT) diperoleh nilai rata-rata 57,58 dan ketuntasan 26,32% (5 tuntas) dengan kategori sangat kurang. Pada siklus I rata-rata nilai mencapai 73,11 dan ketuntasan belajar IPA 63,16% (12 tuntas) dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,16 dan ketuntasan sebesar 84,21% (16 tuntas) dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams games Tournament (TGT) dapat meningkatkan tanggung jawab dan nilai belajar IPA di kelas IV SDN Banjarsari 1. Kata kunci : Tanggung jawab, Nilai belajar, Model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 06:15 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 06:15 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5355 |
Actions (login required)
View Item |