PENINGKATAN MOTIVASI DAN NILAI BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGDI KELASV SD NEGERI SEMBUNGHARJO 03

Endriyanto, Sigit (2016) PENINGKATAN MOTIVASI DAN NILAI BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGDI KELASV SD NEGERI SEMBUNGHARJO 03. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan Motivasi dan Nilai Belajar IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learningdi kelas V SD N Sembungharjo 03.Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing (I) Rida Fironika Kusuma Dewi, S.Pd, M.Pd. Pembimbing (2) Jupriyanto, S.Pd, M.Pd. motivasi dan nilai belajar IPA siswa kelas V SDN Sembungharjo 03 masih tergolong rendah. Diperlukan metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. sehingga dapat meningkatkan motivasi dan nilai belajar IPA materi sifat cahaya kelas V SD N Sembungharjo 03. Metode yang dapat digunakan adalah metode pembelajaran Discovery learning.Tujuan penelitian ini adalah peningkatan motivasi dan nilai belajar IPA di kelas V SD Negeri Sembungharjo 03. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus dan setiap siklusnya 2 pertemuan. Terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Sembungharjo yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Adanya peningkatan motivasi siswa ditunjukan dengan peningkatan motivasi siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh jumlah skor 844,5 dengan persentase 56,1% termasuk kriteria motivasi siswa cukup baik. Pada siklus II diperoleh skor 1303,5 dengan persentase 87% termasuk kriteria motivasi sangat baik. adanya peningkatan nilai belajar ditunjukan dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa setiap siklus. Nilai belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 58,85 dengan persentase ketuntasan belajar 56%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,70 dengan persentase ketuntasan 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan motivasi dan nilai belajar IPA materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri Sembungharjo 03. Kata Kunci : Motivasi, Nilai Belajar, Metode Pembelajaran Discovery Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:14
Last Modified: 04 Oct 2016 06:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5352

Actions (login required)

View Item View Item