PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA INTENSIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS III SDN GEBANGSARI 01

Pangesti, Yulizar Rika Ayu (2016) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA INTENSIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS III SDN GEBANGSARI 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1 Halaman Awal.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 Daftar Isi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
12 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
13 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
14 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
15 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
16 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
17 Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi siswa kelas III dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada mata pelajajaran bahasa Indonesia materi membaca intensif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Gebangsari 01 Semarang yang berjumlah 37 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Proses tindakan ini berhasil apabila adanya peningkataan kreativitas dan prestasi sekurang-kurangnya 85% dari nilai seluruh siswa. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada mata pelajaran bahasa Indonesia menunjukan adanya peningkatan prestasi dan kreativitas belajar, perolehan nilai siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi membaca intensif mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa yang lulus KKM sebanyak 75,60% dan siswa yang tidak lulus 24,30%. Pada siklus II meningkat sebanyak 89,18% siswa yang lulus KKM dan hanya 10,81% siswa yang tidak lulus KKM. Dari data angket siklus I kreativitas siswa memperoleh presentase 76,54% dan siklus II meningkat menjadi 86,48%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi membaca intensif. Kata Kunci: Kreativitas, Prestasi belajar, Model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 29 Sep 2016 03:12
Last Modified: 29 Sep 2016 03:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5339

Actions (login required)

View Item View Item