PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN KARTU DOMINO DI KELAS V SDN SRIWULAN 1

Riadha, An Naba (2016) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN KARTU DOMINO DI KELAS V SDN SRIWULAN 1. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar pada ranah kognitif. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sriwulan 1 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes yang berupa soal evaluasi dan teknik non tes, dengan menggunakan, observasi, angket dan dokumentasi. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdapat dua pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data untuk mengukur minat siswa dengan lembar angket inat siswa dan analisis data prestasi belajar siswa dengan menggunakan soal evaluasi. Hasil penelitian yaitu: model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas V SDN Sriwulan 1 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Dibuktikan dengan hasil angket minat siswa pada siklus I yang semula 81,4% kemudian pada siklus II menjadi 87,4%. Hasil evaluasi untuk mengukur prestasi belajar, pada siklus I ketuntasan sebesar 60% dan rata-rata yang dicapai sbesar 64.5, kemudian pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 85% dan rata-rata yang dicapai menjadi 84,5. Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa pada kelas V SDN Sriwulan 1 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: Minat, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Kartu Domino

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 29 Sep 2016 02:20
Last Modified: 29 Sep 2016 02:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5337

Actions (login required)

View Item View Item