PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE KELAS IV B SDN GEBANGSARI 01

Santiyaningsih, Santiyaningsih (2016) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE KELAS IV B SDN GEBANGSARI 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1 Halaman Judul.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 Daftar Isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
13 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text
14 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
15 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
16 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
17 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
18 Daftar Pustaka.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS yang ada di SDN Gebangsari 01 kelas IV B, guru masih menggunakan metode konvensional, kurang mengoptimalkan media pembelajaran, dan keadaan siswa yang kemandiriannya kurang dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS melalui pembelajaran koperatif tipe Think Pair Share di kelas IV B SDN Gebangsari 01. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 4 pertemuan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV B SDN Gebangsari 01, berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpul data menggunakan teknik tes dan non tes. Alat pengumpulan data teknik tes menggunakan lembar evaluasi dan teknik non tes menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data ini berupa tes dan non tes dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemandirian dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS meningkat. Hasil kemandirian siswa dalam siklus I jumlah skor keseluruhan memperoleh 3,41 (mandiri), siklus II memperoleh 4,5 (sangat mandiri). Prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 67,75 dengan persentase ketuntasan sebesar 72,50% (baik), siklus II memperoleh rata-rata 80,60 dengan persentase ketuntasan sebesar 83,75% (sangat baik). Nilai tersebut memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa dalam pelajaran IPS. Saran dari peneliti yaitu hendaknya guru meningkatkan keterampilan mengajarnya, hendaknya siswa meningkatkan kemandiriannya dalam proses pembelajaran, dan sekolah hendaknya melengkapi sarana dan prasarana sekolah untuk menunjang pembelajaran yang berkualitas. Kata Kunci: Kemandirian, Prestasi Belajar , Think Pair Share

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 29 Sep 2016 02:20
Last Modified: 29 Sep 2016 02:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5336

Actions (login required)

View Item View Item