PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN KEJUJURAN PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS V SDN KALISARI 3 DEMAK

Meitasari, Ira (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN KEJUJURAN PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS V SDN KALISARI 3 DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas VA SDN Kalisari 3 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, ditemukan masalah dalam pembelajaran PKn. Masih banyak siswa yang belum memenuhi KKM. Selain itu juga pembelajaran di kelas sebagian besar masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa merasa cepat bosan dan monoton pada proses pembelajaran. Sehingga masih perlu usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran inovatif. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kejujuran siswa pada mata pelajaran PKn mealui model pembelajaran course review horay kelas VA SD, meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran course review horay kelas VA SD dan meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran PKn mealui model pembelajaran course review horay kelas VA SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN Kalisari 3. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejujuran siswa siklus I mendapatkan presentase 61,38 % kriteria kejujuran siswa cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan, yaitu dengan presentase 83,08 % kriteria kejujuran siswa baik. Adanya peningkatan aktivitas siswa yang ditunjukkan pada siklus I dengan presentase 67,59 % kriteria aktivitas siswa cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan, yaitu dengan presentase 78,26 % kriteria aktivitas siswa baik. Prestasi siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan belajar 65,38 %. Pada siklus II, diperoleh presentase ketuntasan belajar 92,31 % dari jumlah seluruh siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan kejujuran siswa, aktivitas siswa dan prestasi belajar di kelas V SDN Kalisari 3. Saran dari peneliti, diharapkan guru dapat menggunakan media audio/audio visual yang lebih menarik sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Kejujuran, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Course Review Horay

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 29 Sep 2016 02:20
Last Modified: 29 Sep 2016 02:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5334

Actions (login required)

View Item View Item