Yunitasari, Eny Ayu (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI MATERI DRAMA ANAK MELALUI MODEL ROLE PLAYING KELAS V SD NEGERI KARANGASEM 1. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
1 Halaman Judul.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
7 Abstrak.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
9 Daftar Isi.pdf Download (130kB) | Preview |
|
Text
13 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text
14 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
Text
15 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
||
Text
17 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
||
Text
16 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
||
|
Text
18 Daftar Pustaka.pdf Download (129kB) | Preview |
Abstract
Peneltitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalah yaitu rendahnya prestasi belajar dan rasa percaya diri siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi drama anak. Rendahnya rasa percaya diri siswa disebabkan oleh berbagai faktor, guru masih menggunakan metode teacher center (berpusat pada guru) dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan proses pembelajaran menjadi pasif dan membosankan, juga menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa tentang materi drama anak.Sehubungan dengan permasalahan diatas, melalui penelitian ini diharapkan memperoleh cara yang tepat untuk perbaikan mutu pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Karangasem 1 dalam meningkatkan prestasi belajar dan rasa percaya diri siswa. Penerapan model pembelajaran Role Playing diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar dan rasa percaya diri siswa materi drama anak, karena rasa percaya diri sangat berpengaruh besar terhadap prestasi belajar siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas dari Kemmis & McTaggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap siklus difokuskan pada materi drama anak dengan model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karangasem 1 dengan subjek penelitian kelas V yang berjumlah 30 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar dan rasa percaya diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model role playing dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari siklus I diperoleh nilai rata-rata 64,06% dengan kriteria percaya diri cukup. Pada siklus II diperoleh rata-rata 85% dengan kriteria sangat baik. Adanya siklus peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan presentase prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase ketuntasan 70%. Pada siklus II dengan presentase ketuntasan 86,7%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model role playing dapat meningkatkan prestasi belajar dan rasa percaya diri di kelas V SD Negeri Karangasem 1. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Rasa Percaya Diri, Model Role Playing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 02:20 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 02:20 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5328 |
Actions (login required)
View Item |