Triyani, Esti (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 3 TROSO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
1 Halaman Judul.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
7 Abstrak.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
8 Daftar Isi.pdf Download (132kB) | Preview |
|
Text
12 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
Text
13 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
||
Text
16 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
|
Text
17 Daftar Pustaka.pdf Download (122kB) | Preview |
|
Text
14 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
||
Text
15 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa melalui pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 3 Troso, kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observai dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 3 Troso yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluasi siswa, observasi rasa ingin tahu siswa dan observasi aktivitas guru. Adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase kemampuan pemecahan masalah 61,28%. Pada siklus II dengan persentase 86,08%. Adanya peningkatan rasa ingin tahu siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek-aspek rasa ingin tahu dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 57,6% dengan kriteria rasa ingin tahu cukup. Pada sikus II diperoleh rata-rata 81,2% dengan kriteria rasa ingin tahu baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa di kelas V SDN 3 Troso. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan masalah, Rasa Ingin Tahu, Model Pembelajaran Kontekstual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 03:27 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 03:27 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5324 |
Actions (login required)
View Item |