PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 3 TROSO

Triyani, Esti (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 3 TROSO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1 Halaman Judul.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 Daftar Isi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text
12 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
13 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
16 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img]
Preview
Text
17 Daftar Pustaka.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
14 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
15 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa melalui pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 3 Troso, kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observai dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 3 Troso yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluasi siswa, observasi rasa ingin tahu siswa dan observasi aktivitas guru. Adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase kemampuan pemecahan masalah 61,28%. Pada siklus II dengan persentase 86,08%. Adanya peningkatan rasa ingin tahu siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek-aspek rasa ingin tahu dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 57,6% dengan kriteria rasa ingin tahu cukup. Pada sikus II diperoleh rata-rata 81,2% dengan kriteria rasa ingin tahu baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa di kelas V SDN 3 Troso. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan masalah, Rasa Ingin Tahu, Model Pembelajaran Kontekstual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 27 Sep 2016 03:27
Last Modified: 27 Sep 2016 03:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5324

Actions (login required)

View Item View Item