HASAN, NUR IHSYAN (2016) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DI SMP NEGERI 27 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
cover_1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
bab IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
abstrak_1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
bab III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
bab V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
daftar pustaka_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
bab I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
bab II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
daftar isi_1.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kata kunci : analisis, kesalahan, memecahkan masalah, lingkaran. Pembelajaran matematika seharusnya dapat membuat siswa pandai memecahkan masalah. Namun dalam praktinya siswa tidak luput dari kesalahan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah matematika materi lingkaran, mengetahui besar presentase siswa yang melakukan kesalahan, dan mengetahui serta mengatasi faktor – faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah pada materi lingkaran. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan desain penelitian studi kasus yang hanya difokuskan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebabnya. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 27 Semarang. Pemilihan subjek berdasarkan hasil tes, kemudian dilakukan perankingan berdasarkan banyaknya kesalahan siswa. Perankingan dibagi menjadi tiga kelompok dengan masing – masing kelompok diwakili oleh 3 orang siswa, yaitu 3 dari kelompok atas, 3 orang siswa dari kelompok tengah, dan 3 orang siswa dari kelompok bawah. Sehingga total subjek penelitian 9 orang siswa. Data yang diperoleh berupa data kesalahan siswa berasal dari hasil tes dan hasil wawancara. Analisis yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan metode triangulasi. Hasil yang diperoleh dari analisis bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah yaitu kesalahan memahami soal, membuat rencana, pelaksanaan/melaksanakan rencana, dan kesalahan tahap memeriksa kembali. Kesalahan dominan yang dilakukan siswa adalah membuat rencana sebesar 100%. Sedangkan 100% siswa melakukan kesalahan melaksanakan rencana, 100% siswa melakukan kesalahan pada tahap memeriksa kembali, dan 11,11% siswa melakukan kesalahan memahami dalam soal. Penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam mengilustrasikan bahasa sehari – hari ke bentuk gambar, kurang memahami apa yang disajikan soal dan lupa rumus yang digunakan maka akan kesulitan membuat rencana. Kurang terampil dalam operasi perhitungan, tidak teliti dalam melaksanakan rencana sebab tidak memeriksa kembali jawaban yang sudah diperoleh. Sehingga disarankan bagi guru untuk memberikan soal latihan yang variatif dengan tingkat kesukaran yang berbeda – beda agar siswa lebih terampil dalam perhitungan dan memecahkan masalah. Serta memberikan pemahaman konsep lingkaran yang mendalam sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 03:27 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 03:27 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5319 |
Actions (login required)
View Item |