Yanti, Astrid Fita (2016) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL LOGIKA MATEMATIKA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
cover_1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi_1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
abstrak_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
bab V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
bab III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
bab II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
bab I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
daftar pustaka_1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
bab IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Kata kunci : Analisis Kesalahan, Soal Matematika, Newman. Sebagian siswa menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan kurangnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, menyebabkan siswa mengalami berbagai kesalahan pada saat dihadapkan dengan soal-soal atau permasalahan matematika. Apa saja jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa, faktor-faktor apa saja yang menyebabkannya, dan bagaimana solusi untuk mengatasi kesalahan siswa merupakan rumusan masalah dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaiakn soal logika matematika, faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan, dan untuk mengetahui solusi untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaiakn soal logika matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang sebanyak 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Tes tertulis yang diberikan pada siswa berbentuk uraian, kemudian jawabannya dianalisis berdasarkan tipe-tipe kesalahan Newman. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan membaca dengan persentase sebanyak 14,12%, kesalahan memahami sebanyak 44,12%, kesalahan transformasi sebanyak 10%, kesalahan keterampilan proses sebanyak 31,76%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir dengan persentase terbesar yaitu sebanyak 77,06%. Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu siswa tidak memahami soal yang diberikan, tidak teliti dalam membaca dan mengerjakan soal, lupa dan tidak memahami konsep penyelesaian yang ada dalam soal, kesalahan karena ceroboh, kurang cermat, tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, dan waktu untuk mengerjakan soal telah habis. Solusi untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal yaitu dengan melakukan pembelajaran remidi yang dilakukan dengan cara membahas kembali soal tes tertulis yang telah diberikan dan memfokuskan pada letak-letak kesalahan yang dilakukan siswa, mengingatkan kembali materi-materi yang sudah dipelajari dengan menekankan pada pemahaman konsep. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan, terjadi penurunan tingkat persentase pada tiap tipe kesalahan. Pada tipe kesalahan membaca menurun menjadi 5,45%, kesalahan memahami 30%, kesalahan transformasi 0,9%, kesalahan keterampilan proses 11,81%, dan pada kesalahan penulisan jawaban akhir yang awalnya 77,06% menurun menjadi 56,36%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 07:20 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 07:20 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5318 |
Actions (login required)
View Item |