Arifah, Umi (2016) PENERAPAN PENDEKATAN REASONING AND PROBLEM SOLVING BERKARAKTER ISLAMI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
cover_1.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak_1.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi_1.pdf Download (113kB) | Preview |
|
Text
bab I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text
bab II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
Text
bab IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
||
|
Text
daftar pustaka_1.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text
bab III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
bab V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
Abstract
Kata kunci :Pendekatan Reasoning and problem solving, pembelajaran berkarakter Islami, kemampuan berpikir kritis matematis. Secara teoritis bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa terhadap pemecahan masalah bangun ruang sisi datar sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan berpikir kritis matematis dan aktivitas siswa yang rendah akan berpengaruh terhadap kemampuan matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan pendekatanReasoning and Problem Solving berkarakter Islami dapat mencapai kategori baik yaitu nilai 75; (2). kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pendekatan pembelajaran Reasoning and Problem Solving berkarakter Islami lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang tahun pelajaran 2015/2016; (3). pengaruh aktivitas siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pendekatanReasoning and Problem Solving berkarakter Islami. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas yaitu aktivitas siswa pada pendekatanReasoning and Problem Solving berkarakter Islami, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIISMP Negeri 20 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Pemilihan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dan kelas VIIIG dipilih sebagai kelas eksperimen dan VIII F dipilih sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes, dokumentasi, dan lembar observasi. Metode yang digunakan untuk mengukur analisis data antara lain uji t satu sampel, uji t dua sampel, uji regresi linear sederhana, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitasdan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis pada kelas eksperimen dengan pendekatan Reasoning and Problem Solving berkarakter Islami mencapai kategori baik yaitu nilai 75 sebesar 81,15. Kemampuan berpikir kritis matematis siswayang dikenai pendekatan Reasoning and Problem Solving berkarakter Islami lebih baik sebesar 81,15 dibanding kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dikenai pembelajaran konvensional sebesar 72,59. Terdapat pengaruh aktivitas siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis yang dikenai pendekatan Reasoning and Problem Solving berkarakter Islami sebesar 66,5%, sedangkan variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar sebesar 33,5% dengan persamaan regresi Y ̂=-36,946+1,375x.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 07:20 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 07:20 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5314 |
Actions (login required)
View Item |