Agustyanti, Sri Rejeki (2016) PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERNUANSA ISLAM BERBANTUAN PASIKO PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
cover_1.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak_1.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi_1.pdf Download (350kB) | Preview |
|
Text
bab II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
||
Text
bab I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
Text
bab III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
||
Text
bab IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (871kB) | Preview |
|
Text
bab V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (905kB) |
Abstract
Kata Kunci: Course Review Horay, PASIKO, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada model pembelajaran Course Review Horay Bernuansa Islam Berbantuan PASIKO mencapai ketuntasan klasikal, (2) Apakah ada pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap pemahaman konsep, dan (3) Apakah rata-rata kemampuan pemahaman konsep pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan memilih dua kelas secara acak dari populasi yang ada. Terpilih kelas XI IPS 2 untuk kelas eksperimen yang mendapatkan model pembelajaran Course Review Horay bernuansa Islam berbantuan PASIKO, dan XI IPS 1 untuk kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan desain Posttest only control design. Data penelitian diperoleh melalui: (1) dokumentasi, (2) tes, dan (3) observasi. Untuk mengetahui Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) secara klasikal dengan uji proporsi satu pihak, untuk mengetahui adanya pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, dan untuk mengatahui perbedaan rata-rata hasil belajar pada aspek kemampuan pemahaman konsep menggunakan uji perbedaan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar dalam aspek pemahaman konsep siswa yang mendapatkan model pembelajaran Course Review Horay bernuansa Islam berbantuan PASIKO dan mendapatkan pembelajaran ekspositori pada materi Fungsi Komposisi Semester Genap kelas XI IPS SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Jadi berdasarkan perhitungan diperoleh harga〖 t〗_hitung= 2,11 dan harga 〖 t〗_tabel=〖t 〗_((α)(n_1 + n_2 – 2)) adalah 1,998. Karena t_hitung≥〖t 〗_((α)(n_1 + n_2 – 2)) yaitu 2,11 ≥ 1,998 maka Ho ditolak, berarti rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis yang memperoleh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) bernuansa Islam berbantuan PASIKO pada materi Fungsi Komposisi lebih dari rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 07:20 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 07:20 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5313 |
Actions (login required)
View Item |