PEMBELAJARAN PAIR CHECK KOMBINASI NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X MATERI TRIGONOMETRI

Purnamasari, Devi (2016) PEMBELAJARAN PAIR CHECK KOMBINASI NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X MATERI TRIGONOMETRI. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (904kB) | Preview
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (946kB) | Preview
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci : Pair Check, Numbered Head Together, kemampuan pemecahan masalah Pembelajaran yang dilaksanakan saat ini belum mencapai hasil yang maksimal dalam aspek kemampuan pemecahan masalah. Penggunaan model Pair Check kombinasi Numbered Head Together merupakan salah satu upaya yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada materi trigonometri setelah penerapan model Pair Check kombinasi Numbered Head Together dapat mencapai ketuntasan klasikal yaitu minimal 75%;(2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi trigonometri yang menggunakan model Pair Check kombinasi Numbered Head Together lebih tinggi daripada menggunakan pembelajaran ekspositori;(3) adanya pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi trigonometri yang menggunakan model Pair Check kombinasi Numbered Head Together. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 s.d X-11 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil secara cluster random sampling dan terpilih kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dan X-10 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data diperoleh dengan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji perbedaan dua rata-rata, dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, uji proporsi diperoleh z_hitung=2,43>z_tabel=1,64 maka H_o ditolak yang artinya kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada materi trigonometri setelah penerapan model Pair Check kombinasi Numbered Head Together dapat mencapai ketuntasan klasikal yaitu minimal 75%. Uji perbedaan dua rata-rata diperoleh hasil t_hitung=2,64>t_tabel=1,992 maka H_o ditolak yang artinya rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi trigonometri yang menggunakan model Pair Check kombinasi Numbered Head Together lebih tinggi daripada menggunakan pembelajaran ekspositori. Uji regresi linier sederhana diperoleh hasil t_hitung=10,533>t_tabel=2,028 berarti adanya pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi trigonometri yang menggunakan pembelajaran Pair Check kombinasi Numbered Head Together.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 26 Sep 2016 07:18
Last Modified: 26 Sep 2016 07:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5305

Actions (login required)

View Item View Item