KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN GARIS DAN SUDUT

Setiawan, Andi (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN GARIS DAN SUDUT. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)

Abstract

Kata Kunci: Make A Match, GeoGebra, Kemampuan Pemecahan Masalah, Garis dan Sudut Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan garis dan sudut. Indikator keefektifan dalam penelitian ini adalah (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra dapat mencapai batas nilai KKM yaitu 72. (2) hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra dapat mencapai ketuntasan klasikal yaitu 75%. (3) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebralebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori berbantuan GeoGebrapada pokok bahasan garis dan sudut. (4) aktivitas siswa yang memperoleh pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan garis dan sudut. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 18 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji rata-rata satu pihak (uji t pihak kanan), uji proporsi satu pihak (uji z pihak kanan), uji perbedaan dua rata-rata satu pihak (pihak kanan) dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis hasil penelitian, diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra telah mencapai nilai KKM yaitu 72 hal itu dilihat dari nilai t_hitung=3,58>t_tabel=1,69. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra dapat mencapai ketuntasan klasikal yaitu 75% hal tersebut dilihat dari nilai z_hitung=2,06>z_tabel=1,64. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebralebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran Ekspositori berbantuan GeoGebrapada pokok bahasan garis dan sudut hal itu dilihat dari nilai t_hitung=2,142>t_tabel=1,664. Aktivitas siswa yang memperoleh pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Pengaruh yang ditimbulkan sebesar 72,9%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan garis dan sudut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 26 Sep 2016 07:18
Last Modified: 26 Sep 2016 07:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5303

Actions (login required)

View Item View Item