MEMAHAMI TUJUAN PERBANKAN SYARIAH : SURVEI PERSPEKTIF STAKEHOLDERS

Aningrum, Fitri (2015) MEMAHAMI TUJUAN PERBANKAN SYARIAH : SURVEI PERSPEKTIF STAKEHOLDERS. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Ferry Dwi Rachmadhani_14.211.3783_1cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Ferry Dwi Rachmadhani_14.211.3783_1abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Ferry Dwi Rachmadhani_14.211.3783_1daftar isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perbankan Syariah merupakan lembaga keuangan yang menjalankan praktik usaha dengan menekankan prinsip syariah, menerapkan sistem bagi hasil, dan lebih bersifat menjauhi praktik riba. Perbankan syariah berbeda dengan Perbankan Konvensional, perbedaan yang mendasar yaitu Bank Syariah diatur oleh ketentuan allah swt yang tercantum dalam Al Qur’an dan Hadist Nabi Besar Muhammad Saw. Di dalam Al Qur’an jelas disebutkan bahwa perdagangan dihalalkan dan riba diharamkan. Karena riba atau bunga diharamkam, maka berarti kegiatan pinjam-meminjam uang tidak dapat dikomersialkan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelitian ulang guna mengetahui pendapat para stakeholder yang ada di semarang tentang pendapat mereka mengenai tujuan perbankan syariah, apakah perbankan syariah bertujuan untuk kesejahteraan soaial atau untuk tujuan komersial. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan data primer. Populsi dalam penelitian ini yaitu semua pihak yang berkepentingan dalam perbankan syariah. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode convinience sampling. Sampel yang digunakan yaitu : pelanggan, deposan, masyarakat lokal, manajer perbankan islam, karyawan, petugas pengawas perbankan, dan penasehat syariah yang memenuhi syarat untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pperbedaan pendapat dari para stakeholder mengenai tujuan perbankan syariah. Pihak yang paling setuju dengan tujuan kesejahteraan sosial pada perbankkan syariah adalah pelanggan. Dengan urutan ranking sebagai berikut: 1). Pelanggan dengan nilai mean rank 84.72, 2). Manajer dengan nilai mean rank 83.81, 3). Penasehat Syariah dengan nilai mean rank 81.00, 4). Masyarakat dengan nilai mean rank 75.93, 5). Karyawan dengan nilai mean rank 59.70, 6). Deposan dengan nilai mean rank 42.76. Sedangkan untuk uji terhadap tujuan komersial hasil mean rank menunjukkan bahwa pihak manajer yang paling setuju dengan tujuan komersial ini. Berikut urutan ranking pada masing-masing stakeholder: 1). Manajer dengan nilai mean rank 81.19, 2). Pelanggan dengan nilai ean rank 77.95, 3). Masyarakat dengan nilai mean rank 72.18, 4). Karyawan dengan nilai mean rank 60.97, 5). Deposan dengan nilai mean rank 58.50, 6). Penasehat syariah dengan nilai mean rank 16.83. Kata kunci : Analisis Stakeholder, Perbankan Konvensional, Perbankan Syariah, Survei, Tujuan Komersial, Tujuan Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 18 Aug 2015 02:15
Last Modified: 18 Aug 2015 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item