HUBUNGAN PEMAKAIAN KB HORMONAL TERHADAP KEJADIAN CARSINOMA MAMMAE YANG DIRAWAT DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG Studi Analitik Observasional Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Periode 2013

Saputro, Dimas Ari (2015) HUBUNGAN PEMAKAIAN KB HORMONAL TERHADAP KEJADIAN CARSINOMA MAMMAE YANG DIRAWAT DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG Studi Analitik Observasional Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Periode 2013. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[img]
Preview
Text
KTI Dimas Ari Saputro 01.210.6128_Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI Dimas Ari Saputro 01.210.6128_Daftar Isi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI Dimas Ari Saputro 01.210.6128_Intisari.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penyebab Ca Mammae belum diketahui, beberapa faktor resiko Ca Mammae adalah virus, hormonal, geografik, awal menarke, awal menopouse, radiasi pengion, gaya hidup, genetik, dan umur. Hormon merupakan salah satu faktor resiko yang bisa menyebabkan terjadinya Ca Mammae contohnya hormon estrogen yang terdapat pada alat kontrasepsi hormonal yang berisi estrogen misalnya KB suntik, Pil KB, dan Implan. Estrogen dapat meningkatkan proliferasi sel, jika tidak tekendali akan meningkatkan tejadinya Ca Mammae dan progesteron berfungsi untuk menghambat apoptosis pada kelenjar payudara dan memberikan kontribusi terhadap Ca Mammae . Oleh karena itu, perlu melakukan studi dan penelitian tentang pemakaian KB hormonal terhadap kejadian Ca Mammae . Penelitian observasional analitik dengan desain case control ini menggunakan masing-masing 45 sampel untuk kasus dan kontrolnya, yaitu kelompok yang menderita Ca Mammae dan tidak menderita Ca Mammae . Berdasarkan hasil penelitian, uji chi square yang telah dilakukan menghasilkan nilai p = 0,020; karena p < 0,05 maka ada hubungan yang bermakna antara pemakaian kontrasepsi hormonal dengan kejadian Ca Mammae . Nilai OR sebesar 1,879 (IK95% = 1,017-3,470) menunjukkan bahwa risiko kejadian Ca Mammae pada pemakai kontrasepsi hormonal adalah 1,879 atau 2 kali lebih tinggi daripada pemakai kontrasepsi non hormonal. Nilai OR yang mencakup angka 1 dan berada di rentang batas bawah dan atas IK95% menunjukkan bahwa pemakaian kontrasepsi hormonal merupakan faktor risiko yang signifikan pada kejadian Ca Mammae . Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara penggunaan KB Hormonal dengan terjadinya Ca Mammae . Kata kunci : menggunakan KB Hormonal, Ca Mammae .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 03 Aug 2015 07:58
Last Modified: 03 Aug 2015 07:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item