THE EFFECTIVENESS OF USING COLORED PICTURE AS MEDIA TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY (Experimental Research in the Seventh Graders of SMP Sultan Agung Semarang in the Academic Year of 2015/2016)

Ariani, Lelyta Merdeka (2016) THE EFFECTIVENESS OF USING COLORED PICTURE AS MEDIA TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY (Experimental Research in the Seventh Graders of SMP Sultan Agung Semarang in the Academic Year of 2015/2016). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah gambar berawarna mampu meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas tujuh sekolah menengah pertama. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, penulis melakukan desain eksperimen kuasi dengan menggunakan pre-test nonequivalent dan post-test kontrol grup desain. Penelitian ini diadakan di SMP Islam Sultan Agung 4 di jalan Kaligawe KM 4, Semarang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas tujuh yang terdiri dari dua kelas. Penulis memilih kelas VII-1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan melalui tiga kegiatan, pre-test, perlakuan dan post-test. Pre-test terdiri dari 25 poin pilihan ganda yang diberikan untuk kedua kelompok. Kemudian, penulis memberikan perlakuan untuk kedua kelompok dalam cara yang berbeda. Kelompok eksperimen diajar menggunakan gambar berwarna sebagai media, sedangkan kelompok kontrol diajarkan menggunakan buku sebagai sumber belajar. Ada empat kali perlakuan dengan kelompok kosakata yang berbeda. Kemudian pada post-test ada 25 poin pilihan ganda yang berbeda dari pre-test.Hasil dari data menunjukan bahwa rata-rata dari pre-test dan post-test kelompok eksperimental adalah 61.37 dan 84.17 sementara nilai rata-rata dari pre-test dan post-test kelompok kontrol adalah 69.60. dan 71.66. Nilai dari pre-test dan post-test diantara dua kelompok adalah normal dan homogen. Hasil dari perhitungan pada ANOVA test, nilai rata-rata pre-test dari kedua kelompok tidak berbeda secara signifikan (Sig = 0.037 > 0.05), sementara perbedaan signifikan ditemukan pada nilai rata-rata post-test kedua kelompok (Sig = 0.003 < 0.005 ). Maka dri itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan gambar berwarna sebagai media dalam mengajar kosakata Bahasa Inggris mampu meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata siswa. Kata Kunci: gambar berwarna, penguasaan kosakata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa
Fakultas Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2016 01:57
Last Modified: 26 Aug 2016 01:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4543

Actions (login required)

View Item View Item