Gilbah, Sarah (2016) THE EFFECTIVENESS OF GRAMMAR TRANSLATION METHOD TO IMPROVE STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN TRANSLATION OF THE SEVENTH GRADE OF SMP NEGERI 1 BONANG IN ACADEMIC YEAR 2015/2016. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (476kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Studi ini adalah tentang metode mengajar teks recount dengan menggunakan pembelajaran Grammar Translation Method (GTM) untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bonang. Tujuan utama dari studi ini adalah untuk menemukan apakah strategy pembelajaran Grammar Translation Method meningkatkan kompetensi siswa dalam terjemahan. Studi ini menggunakan desain penelitian quasi-experimental, yang mana mencakup dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas akan diberikan pre-test dan post-test tapi perlakuan hanya akan diberikan kepada kelas eksperimen. Subyek dari penelitian ini adalah siswa siswi kelas VII SMP Negeri 1 Bonang tahun ajaran 2015/2016. Jumlah dari populasi adalah 100 siswa. Contoh dari penelitian ini adalah kelas VII A (37) sebagai kelas experimen dan VII B (37) sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes. Tes ini terdiri dari pre-test, perlakuan, dan post-test dari terjemahan. Dari hasil pre-test dan post-test kedua kelas, penulis mendapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen dari pre-test adalah 56.49 dan dari post-test adalah 75.19. Perbedaan nilai antara nilai adalah 18.07. Disisi lain, nilai rata-rata dari kelas kontrol dari pre-test adalah 57.65 dan dari post-test adalah 66.92. Perbedaan antara dua nilai adalah 09.27. Itu dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil ini menunjukan bahwa sig. (2-tailed) 0.000 adalah lebih sedikit dari 0.05. Itu berarti perlakuan ini meningkatkan kompetensi menulis siswa dalam terjemah. Ada perbedaan yang signifikan antara competensi siswa dalam menerjemahkan yang diajarkan menggunakan Grammar Translation Method (GTM) dan yang tidak menggunakan Grammar Translation Method (GTM). Kata Kunci: Grammar Translation Method (GTM)dan Menerjemahkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 01:56 |
Last Modified: | 26 Aug 2016 01:56 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4513 |
Actions (login required)
View Item |