EFEK BAKTERI Escherichia coli TERHADAP MOTILITAS SPERMATOZOA MANUSIA SECARA IN VITRO Studi eksperimental laboratorium Secara in Vitro

Oktaviarum, Anindya Koniek (2015) EFEK BAKTERI Escherichia coli TERHADAP MOTILITAS SPERMATOZOA MANUSIA SECARA IN VITRO Studi eksperimental laboratorium Secara in Vitro. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[img]
Preview
Text
KTI ANINDYA KONIEK OKTAVIARUM _01.210.6080_Cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI ANINDYA KONIEK OKTAVIARUM _01.210.6080_Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI ANINDYA KONIEK OKTAVIARUM _01.210.6080_Intisari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Infeksi genitalis dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya infeksi dari bakteri gram-negatif yaitu Escherichia coli. Infeksi dari bakteri ini dapat mempengaruhi kualitas spermatozoa yang meliputi konsentrasi, morfologi, motilitas dan viabilitas spermatozoa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bakteri Escherichia coli terhadap motilitas spermatozoa secara in vitro. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental laboratorium dengan rancangan post test only control group design dengan menggunakan 20 sampel yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok paparan. Kedua kelompok diinkubasi selama 2 jam dalam inkubator CO¬¬¬2 dengan suhu 37oC. Setelah diinkubasi data diamati di bawah mikroskop cahaya dengan perbesaran 400x. Data kemudian diuji dengan menggunakan uji Independent T-test. Hasil penelitian menunjukkan rerata motilitas kelompok paparan lebih rendah (2,68%) dibandingkan pada kelompok kontrol (29%). Pada uji Independent T-test didapatkan nilai p=0,000 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan paparan. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat efek bakteri Escherichia coli terhadap motilitas spermatozoa. Kata kunci : motilitas spermatozoa, Escherichia coli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 03 Aug 2015 07:04
Last Modified: 03 Aug 2015 07:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item View Item